Cara optimasi artikel agar mudah ditemukan pembaca di mesin pencarian sepert Google.Banya orang mengeluh karena artikel mereka sama sekali tidak ada yang membacanya. Padahal untuk mendapatkan trafik dari mesin pencari, artikel harus berada di halaman pertama. Sangat jarang pembaca akan membuka halaman kedua atau ketiga pada mesin pencari seperti Google.

cara-optimasi-artikel-agar-mudah-ditemukan-pembaca-di-google

Salah satu penyebab lain artikel tidak ada yang membaca adalah karena sulit ditemukan. Ini menjadi pekerjaan yang harus dilakukan bagi seorang blogger agar artikel yang telah diunggah ke blog bisa ditemukan oleh pembaca dengan mudah. Kali ini akan sajikan beberapa cara yang arus dilakukan agar artikel mudah ditemukan.

Tips Agar Artikel Mudah Ditemukan Mesin Pencari


Berikut ini adalah tips atau cara optimasi artikel agar mudah ditemukan pembaca di mesin pencarian sepert halnya Google, Bing, dll:

1. Menggunakan Judul Sesuai Keyword

Judul bisa dibilang sebagai wajah dari artikel tersebut saat berada di mesin pencari. Judul harus dibuat agar pembaca mudah menemukan artikel tersebut. Sebagai contoh jika pembaca mencari informasi dengan keyword “memasak nasi yang benar”, maka Anda bisa menambahkan keyword tersebut pada judul tersebut. Itu juga membantu sistem dari mesin pencari untuk bisa menemukan artikel Anda. Judul juga harus menarik agar ketika pembaca membuka search engine, artikel Anda akan diklik oleh mereka karena menarik.

2. Penggunaan Struktur Url Yang Benar

Penggunaan struktur url yang benar termasuk tips atau cara optimasi artikel agar mudah ditemukan pembaca di Goolge. Cara tersebut layak untuk dilakukan, yakni dengan menggunakan struktur url yang benar. Baik di plarform Wordpress maupun Blogger, bisa mengubah strukturnya.

Umumnya penentuan struktur artikel berasal dari judul yang digunakan. Misalnya Anda menggunakan judul “Tips Mendapatkan Banyak Pengunjung Secara Cepat”, umumnya url akan menjadi seperti ini www.namablog.com/tips-mendapatkan-banyak-pengunjung-secara-cepat. Terkadang pada bagian url juga ada bulan serta tahun pembuatan artikel tersebut. Anda bisa meyesuaikan hal ini, pahami bagaimana pembaca dalam mencari sebauh artikel. Sangat tidak disarankan jika Anda hanya membuat artikel seperti ini, www.namablog.com/p?=23. Itu jelas akan membuat artikel Anda sulit untuk dicari.

3. Menambahkan Keyword Pada Isi Artikelnya

Penambahan keyword pada artikel ternyata memiliki peran agar blog mudah dicari. Sistem perayap dari search engine akan mendapatkan data berupa keyword-keyword tersebut. Ketika ada pembaca yang mencari artikel dengan keyword yang sama dengan yang anda gunakan, artikel Anda akan muncul nantinya. Inilah mengapa riset keyword menjadi hal yang harus dilakukan sebelum membuat sebuah artikel. Anda bisa menggunakan tools premium agar bisa mendapatkan keyword yang sesuai.

Baca juga: Manfaat Panel Media Sosial yang Perlu Anda Ketahui

4. Menambahkan Gambar

Dalam sebuah artikel tentu membutuhkan gambar. Ini bertujuan agar artikel lebih nyaman untuk dibaca. Gambar bukan hanya sekedar penunjang saja, terkadang gambar juga menjadi gambaran dari isi artikel tersebut. Untuk mengoptimalkan agar artikel bisa dengan mudah dicari, Anda bisa menyisipkan kata kunci pada gambar tersebut dengan memberikan alt text. Sehingga bisa diibaratkan gambar memiliki identitas yang akan mendongkrak artikel tersebut.

5. Melakukan Teknik SEO Secara Keseluruhan

Dan tips atau cara optimasi artikel agar mudah ditemukan pembaca selanjutnya adalah dengan melakukan teknik SEO. Ini menjadi poin yang paling penting agar artikel mudah ditemukan. Anda bisa melakukan teknik SEO secara keseluruhan baik Onpage maupun Offpage. Teknik SEO Onpage berhubungan dengan bagian yang ada di dalam blog tersebut, seperti kecepatan akses, kualitas artikel dan sebagainya. Sementara Offpage, ini terkait dengan hal-hal di luar artikel seperti backlink.

Baca juga: Tips menjaga Kandungan Terkini Menurut Ahli

Teknik SEO digunakan agar artikel bisa bersaing dengan artikel dari blog lain. Artikel akan sangat sulit untuk dicari jika kualitas SEO sangat buruk. Hal itu dikarenakan artikel kalah saing dengan artikel lain.

Demikian penjelasan mengenai tips atau cara optimasi artikel agar mudah ditemukan pembaca. Informasi ini semoga bermanfaat khususnya bagi para blogger yang berjuang agar artikelnya bisa page one.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya