10 Tips Menabung Agar Cepat Kaya, Siapapun Wajib Tahu! Mendengar istilah menabung pastinya sudah tidak asing lagi di telinga Kita ya kan! Menabung merupakan salah satu cara menyisihkan uang kita untuk keperluan yang akan datang. Dengan menabung dapat membuat Kita lebih efektif dalam mengelola keuangan sehari-harinya. Apabila Kita ingin membeli sesuatu sepert rumah mewah, mobil dan lain-lain, Kita bisa menabung terlebuh dahulu.

10-tips-menabung-agar-cepat-kaya

Apabila Kita menabung di usia muda akan lebih baik, jalan kedepannya masih panjang dan masih banyak hal-hal lainnya yang dapat Kita lakukan. Bagi yang sudah terlanjur tidak menabung sejak masih muda, tentu tidak masalah. Teruslah giat untuk menabung, suatu saat Kita akan membutuhkan uang itu untuk keperluan mendadak seperti anak sekolah, minta dibelikan sesuatu, dan lain-lain.
Menabung bukanlah hal yang dilakukan secara sembarangan, terdapat cara menabung supaya Kita bisa cepat kaya. Beberapa caranya harus kita cermati seperti 10 cara menabung agar cepat kaya berikut ini!

Berikut ini 10 Tips Menabung Agar Cepat Kaya


Berikut ini 10 tips menabung agar cepat kaya yang harus diketahui dan dilakukan oleh siapapun:

1. Tentukan Tujuan
Langkah awal supaya Kita bisa menabung yaitu menentukan tujuan untuk apakah Kita menabung. Tujuan yang bisa Kita pilih seperti membeli mobil mewah, menyekolahkan anak, membeli rumah mewah, dan lain sebagainya. Tentukan tujuan yang bermanfaat supaya uang tabungan Kita tidak terbuang sia-sia setelah menabung.

Buatlah tujuan Kita sebagai penyemangat untuk terus menabung. Jangan sampai Kita merasa lelah untuk menabung, apabila sudah waktunya tiba, kesenangan tersendiri dapat Kita rasakan nantinya.

2. Jangan Menganggarkan
Tips yang kedua yaitu jangan menganggarkan uang tabungan Kita. Biasanya orang-orang menabung harus terpaku oleh jumlah uang yang dianggarkan. Seperti halnya ketika Kita ingin menabung Rp. 2 juta per bulannya. Maka Kita harus manabung Rp. 2 juta, apabila ada keperluan mendadak, tentu uang tersebut akan diambil dan tidak bisa efisien untuk terus menabung dengan jumlah yang dianggarkan.

Menganggarkan uang juga akan membuat pikiran Kita kacau karena terbebani anggaran tersebut. Berbeda bila uang tersebut tidak dianggarkan, Kita akan terasa rilex dan santai untuk terus menabung dengan uang sisa apa adanya.

3. Pinjamkan Uang Ke Teman
Salah satu cara menabung yang efektif ialah meminjamkan uang ke teman kita. Teman disini adalah teman yang terpercaya, teman yang sering menghadapi susah senang bersama Kita. Apabila uang Kita berada di tangan yang salah, siap-siap saja uang Kita tidak akan dikembalikan. Biasanya setelah kejadian ini hubungan pertemanan akan berakhir.

4. Hindari Membeli Keinginan yang Tidak Perlu
Tips Menabung yang selanjutnya ialah menghindari sesuatu yang ingin dibeli. Biasanya orang-orang ingin sekali membeli sesuatu yang sedang tren (kekinian). Keinginan yang seperti itu sebenarnya tidak perlu untuk dilakukan karena tidak begitu bermanfaat. Apabila terlalu dituruti, maka uang Kita akan terbuang sia-sia setelah membeli keinginan yang tidak bermanfaat.

5. Berikan Ke Istri
Nah, bagi yang sudah menikah, sosok istri bisa dijadikan sebagai tabungan keuangan Kita. Biasanya uang laki-laki nantinya akan disimpan oleh si istri entah itu untuk keperluan belanja, shoping dan lain-lain. Seorang istri sangat efektif dalam menyimpan uang. Meski begitu, Kita juga harus menyisihkan juga untuk keperluan sehari-hari Kita sendiri.

6. Bijak Dalam Menggunakan Uang
Langkah yang selanjutnya ialah bijak dalam menggunakan uang, Kita harus bisa mengatur pemasukan dan pengeluaran sehari-hari. Buatlah kebiasaan yang positif untuk membangun ritme yang baik saat menggunakan uang Kita. Seperti halnya Kita membeli barang dengan harga yang kecil namun kualitas sama dengan harga yang tinggi.

Baca juga: 5 Tips memilih Asuransi Kesehataan Agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari

Bila Kita bijak dalam menggunakan keuangan, uang Kita tidak akan terbuang sia-sia. Disini Kita akan memiliki pemikiran yang efektif supaya uang Kita dapat digunakan untuk hal yang bermanfaat.

7. Jangan Tergiur Tawaran Teman
Seorang teman bisa menjadikan Kita lebih boros dalam mengelola uang. Disaat Kita ingin mengumpulkan uang, teman Kita justru mengajak Kita untuk membeli sesuatu, atau bisa juga mengajak Kita nongkrong bareng. Pastinya Kita akan mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu saat nongkrong bersama teman. Jika tidak bermanfat, maka jangan melakukan hal ini.

Tawaran teman biasanya menjadikan racun bagi Kita, mereka akan mengejek Kita bila tidak ikut membeli keinginannya. Ancaman seperti ini yang sering dilakukan ketika Kita sedang mengumpulkan uang dan pada akhirnya gagal karena terhasut oleh teman Kita.

8. Hemat Bukan Murah
Hemat dengan murah ini memiliki perbedaan ya guys! Biasanya orang-orang saat membeli barang kebanyakan memilih harganya yang murah, namun kualitasnya tidak baik. Jika barang yang Kita perlukan itu bermanfaat, maka belilah harga tas yang mahal namun berkualitas dan tahan lama. Apabila barang tersebut murah dan cepat rusak, maka Kita akan lebih besar mengeluarkan uang Kita karena harus berganti-ganti barang tersebut.

Baca juga: Buah-Buahan yang Bagus Untuk Diet Sehat

9. Pantang Menyerah
Satu diantara 10 tips menabung agar cepat kaya yang selanjutnya yaitu pantang menyerah. Menabung juga memerlukan kerja keras yang tinggi. Pastinya suatu saat Kita akan merasakan kemalasan yang membuat Kita sungkan untuk menabung. Pikirkan masa depan Kita supaya lebih giat lagi dalam menabung. Apabila Kita terlalu memikirkan hari ini saja, maka masa depan Kita akan kurang lebih baik.

10. Beramal
Langkah yang terakhir adalah jangan lupa untuk beramal. Selain menabung uang, Kita juga harus menabung pahala juga untuk di akhirat nanti. Kita bisa menyisihkan uang untuk dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan seperti anak yatim piatu, pengemis jalanan dan lain-lain. Dengan begitu, keuangan Kita tentu akan menjadi lebih baik.

Demikian beberapa informasi mengenai 10 tips menabung agar cepat kaya. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk teman-teman semuanya, terima kasih.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya