Cara membersihkan otak Anda. Apa yang dikatakan dekade terakhir penelitian glymphatic tentang tidur dan implikasinya yang penting bagi kesehatan otak.

cara-membersihkan-otak-anda

Otak: apakah Anda menghargai atau tidak, massa agar-agar yang lembut mengambang di tengkorak Anda bertanggung jawab atas kehidupan seperti yang Anda tahu. Pada saat ini, otak Anda secara simultan mempertahankan pernapasan dan detak jantung Anda, sambil mengubah coretan hitam ini di layar menjadi kata-kata dan pikiran yang koheren.

Otak adalah pekerja keras dan lapar pada saat itu. Walaupun menyumbang sekitar 2% dari berat rata-rata orang dewasa, ia menyumbang 20% dari konsumsi energinya, lebih dari organ lainnya.

Majulah dan berikan otak Anda pujian mental dan kemudian pikirkan tentang bagaimana meta itu.

Terpesona? Kamu tidak sendiri. Penelitian ilmu saraf sedang booming. Tumbuhnya minat dan pendanaan untuk penelitian ilmu saraf telah memunculkan bidang ilmu saraf interdisipliner yang berkembang yang berkisar dari studi klinis dalam gangguan neurodegeneratif dan perilaku hingga studi sains dasar yang mengkarakterisasi struktur dan fungsi otak pada tingkat molekuler - dan semua ini adalah alasan yang bagus.

Pada tahun 2014, hanya sembilan penyakit neurologis yang umum (Alzheimer dan demensia lainnya, sakit punggung bawah kronis, stroke, TBI, migrain, epilepsi, MS, TSCI, dan Parkinson) diperkirakan menelan biaya hampir 800 miliar dolar bagi orang Amerika, jumlah yang telah hanya meningkat seiring waktu. Dan terlepas dari banyaknya laporan sensasional yang mungkin menyarankan sebaliknya, saat ini tidak ada obat mujarab untuk otak yang sakit.

Namun penelitian menunjukkan bahwa kualitas tidur, di antara faktor-faktor lain, umumnya meningkatkan kesehatan otak dan kami baru saja mulai memahami alasannya.

Membobol kotak hitam tidur


Tidur cukup misterius. Bahkan hari ini, kami tidak sepenuhnya yakin tentang fungsi tidur evolusi yang sebenarnya. Namun tentu saja, itu harus penting karena sebagian besar mamalia mati setelah lebih dari satu minggu kurang tidur. Jadi apa yang sebenarnya terjadi di balik layar?

Dengan pengecualian dari beberapa mimpi singkat yang menarik dan seringkali aneh dalam tidur REM, pengalaman tidur kami tampaknya agak membosankan. Sementara Drake dan teman-temannya mungkin berpikir mereka 'keluar seperti cahaya' ketika mereka tertidur, cahaya itu, nyatanya, masih sangat menyala. Otak "tidur" masih menyala, mengirimkan sinyal elektrokimia dan menggunakan banyak energi, terutama selama tidur REM.

Baca juga: 10 Tips Menabung Agar Cepat Kaya, Pemula Wajib Tahu!

Sebelumnya, penelitian tidur sangat bergantung pada pengukuran aktivitas listrik pada permukaan otak menggunakan EEG atau mengukur aliran darah menggunakan fMRI. Alat-alat ini populer karena mereka non-invasif, tetapi mereka tidak memiliki detail yang akan datang dari melihat sampel otak setelah kematian.

Kemajuan dalam metode yang lebih baru seperti mikroskop dua-foton memungkinkan pencitraan in-vivo yang sangat penetran dalam bidang fokus yang tepat. Dengan kata lain, Anda dapat melihat melalui tengkorak untuk mengamati struktur otak mikroskopis pada subjek yang hidup dan tidur secara real-time. Seberapa rapi itu?

Metode-metode ini telah memungkinkan para peneliti tidur untuk membuat beberapa penemuan yang benar-benar menakjubkan, tetapi sebelum Anda terbangun dengan beberapa temuan yang membangkitkan semangat ini, mari luangkan waktu untuk meninjau beberapa Neurofisiologi 101 yang relevan.

  • Neuron: sel-sel sistem saraf klasik yang menyebarkan sinyal elektrokimia melalui potensi aksi dan pelepasan neurotransmiter
  • Glia: sel-sel sistem saraf non-neuronal yang menjaga neuron tetap sehat
  • CSF atau cairan serebrospinal: cairan yang tersuspensi oleh otak Anda
  • Arteri: pembuluh darah membawa darah menuju organ
  • Vena: pembuluh darah yang membawa darah dari organ

Membuat lalu lintas yang terbagi dan menemukan jalur baru


Dalam percobaan yang dirancang elegan yang diterbitkan pada 2012, para ilmuwan menyuntikkan pelacak fluoresens ke CSF tikus untuk mengikuti alirannya. Menariknya, pelacak itu tampaknya mengikuti jaringan arteri yang membawa darah segar ke otak.

Namun, pelacak itu tidak ada di arteri, hanya di sekitar mereka. Apa yang akhirnya mereka temukan adalah bahwa CSF mengalir di ruang antara dinding luar arteri dan sel glial di sekitarnya. Jika Anda bisa membayangkan memasukkan pipa yang lebih kecil ke pipa yang lebih besar, memungkinkan dua cairan berbeda mengalir secara paralel di sepanjang jaringan yang sama, Anda sudah mulai memahami aliran periarterial.

Selain gradien tekanan yang membuat cairan bergerak, denyut darah di arteri Anda juga membantu mendorong CSF.

CSF ini bergerak ke dalam air di sekitar sel, atau cairan interstitial, dan membasuhnya, memberikan nutrisi dan membersihkan produk limbah seluler yang berbahaya. Kemudian bergerak melalui ruang perivenous, yang mengelilingi vena, untuk dibuang ke pembuluh limfatik di mana limbah disaring.

Singkatnya, ini adalah sistem glymphatic (limfatik glial) dan berfungsi sebagai sistem saluran pembuangan otak. Yang mengejutkan, ditemukan hanya tujuh tahun yang lalu oleh kelompok Dr. Maiken Nedergaard di University of Rochester Medical Center.

Mengapa tidur itu penting?


Mungkin kekhasan yang paling menarik tentang sistem glymphatic adalah bahwa itu hanya aktif selama tidur. Terowongan perivaskular diperketat selama terjaga, membatasi aliran CSF; perubahan ini kemungkinan dimediasi oleh norepinefrin, suatu neuromodulator yang berlimpah hanya dalam keadaan terjaga.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ketika Anda tidur, sistem glymphatic membersihkan otak Anda dari zat neurotoksik yang telah menumpuk sepanjang hari, termasuk amyloid-beta, protein yang membentuk plak khas di Alzheimer. Dalam siklus setan, gangguan fungsi glymphatic meningkatkan akumulasi amyloid-beta, yang pada gilirannya membatasi masuknya CSF melalui sistem glymphatic.

Baca juga: 5 Tips memilih Asuransi Kesehataan Agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari

Dan memang efisiensi glymphatic terganggu dalam otak model penyakit Alzheimer saat ini dan penuaan umum, meskipun kemungkinan hubungan sebab akibat menghadirkan jenis pertanyaan pertama yang kurang jelas, ayam atau telur.

Untungnya, lebih banyak orang datang ke gagasan bahwa tidur bukanlah suatu kemewahan. Ada bukti kuat tentang bagaimana tidur memengaruhi belajar, obesitas, hipertensi, sensitivitas insulin, dan Anda tidak memerlukan artikel yang ditinjau oleh rekan sejawat untuk memberi tahu Anda bahwa tidur memengaruhi suasana hati Anda.

Bagi banyak orang muda, tidak cukup tidur bukan lagi humblebrag untuk etos kerja yang rajin, tetapi lebih merupakan tanda diabaikannya kesejahteraan seseorang. Namun, sementara survei menunjukkan bahwa orang Amerika mendapatkan tidur sedikit lebih banyak pada hari kerja daripada tahun-tahun sebelumnya, hanya 10% responden mengatakan mereka memprioritaskan tidur di atas kebugaran, pekerjaan, atau hobi mereka.

Kebersihan yang baik datang dalam berbagai bentuk. Keteraturan dalam menjaga rambut, gigi, seprai, dan rumah Anda bersih (semoga) sudah menjadi bagian dari rutinitas Anda.

Mungkin ini saatnya menambahkan otak Anda ke daftar itu.

1Komentar

Posting Komentar

Sebelumnya Selanjutnya