Tips mudah masak makanan yang sehat dan bergizi. Makanan yang sehat sangat dibutuhkan oleh semua orang karena akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Nutrisi yang baik, gizi yang baik, vitamin yang cukup serta zat-zat yang dibutuhkan dalam tubuh kita sangat dipengaruhi oleh makanan. Makanan yang sehat tentunya akan berdampak pada pertumbuhan diri seseorang menjadi maksimal. Serta memiliki badan yang bagus dan selalu sehat. Tentu hal tersebut menjadi impian semua orang.

tips-mudah-masak-makanan-sehat-bergizi

Terkait dengan penyediaan makanan yang sehat dan bergizi, diantaranya adalah memasak makanan denganbenar. Jika salah maka bisa berubah menjadi makanan yang tidak sehat serta tidak bergizi.

Oleh karenanya, dalam proses memasak makanan tidak boleh sembarangan dan salah. Hal itu karena bisa berdampak buruk bagi pertumbuhan dan kesehatan seseorang. Misalnya adalah berat badan naik drastis (overweight), diare, atau bahkan bisa menyebabkan keracunan.

Dalam memasak makanan harus menggunakan bahan-bahan yang segar dan baik. Dalam memasak harus memegang prinsip menyediakan makanan sehat. Dan perlu diingat bahwa bahan-bahan makanan yang baik dan kaya akan nutrisi bisa berubah menjadi makanan yang kurang sehat karena cara memasaknya salah.

Di sisi lain, beberapa orang telah melakukan penelitian dan mengatakan bahwa sebagian makanan justru akan lebih bernutrisi setelah dimasak, misalnya wortel, bayam dan tomat. Dalam proses pemasakan ketiga bahan tersebut akan membantu pelepasan antioksidan dengan cara menghancurkan dinding sel sehingga zat-zat penting dalam sayuran itu lebih mudah diserap tubuh.

Tips Mudah Masak Makanan Yang Sehat Dan Bergizi


Berikut ini tips masak makanan yang sehat dan bergizi:

1. Menumis
Menumis adalah metode memasak dengan cara yang sangat mudah dan sehat. Karena dalam menumis tidak memerlukan banyak minyak. Bahkan kita dapat mengganti minyak sayur biasa dengan minyak zaitun. Minyak zaitun tergolong dalam jenis minyak nabati terbaik dari sisi nutrisi karena minyak zaitun mengandung kadar lemak jenuh terendah. Secara ilmiah membantu mengantisipasi penyakit jantung hingga mencegah diabetes.

Sebagian orang sangat menyukai sayuran yang dimasak dengan cara ditumis. Misalnya sayuran jenis kangkung dan kacang-kacangan. Salah satu alasannya adalah karena dalam proses memasak tidak memerlukan waktu yang lama

Baca juga: 5 Tips memilih Asuransi Kesehataan Agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari

2. Membakar
Banyak sekali orang yang menyukai sesuatu yang dimasak dengan cara dibakar seperti daging-dagingan dan ikan laut.

Namun, sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi makanan yang prosesnya dibakar. Karena arang yang menempel pada makanan tersebut bersifat karsenogenik atau penyebab kanker. Memang dengan cara membakar makanan akan mengurangi kadar lemak yang ada tapi harus diseimbangi dengan mengonsumi makanan yang kaya akan antioksidan seperti kemangi untuk lalapan.

3. Merebus
Selain makanan yang ditumis, makanan juga akan lebih sehat jika direbus. Karena dengan direbus maka tidak ada zat-zat yang akan menimbulkan terjadinya sesuatu hal yang tidak diinginkan yang berhubungan dengan kesehatan.

Contohnya kita dapat merebus wortel, brokoli, bayam atau kol. Namun, dalam merebus janganlah terlalu lama dan jangan dengan suhu yang sangat tinggi.

Baca juga: Cara Mudah Mempercantik Tampilan Profile Instagram

4. Mengukus
Mengukus adalah cara pengolahan makanan yang sangat baik. Karena walaupun dikukus kandungan gizi yang terdapat didalam sayuran atau daging akan tetap terjaga.

Penutup Tips Masak Makanan Sehat dan Bergizi


Jadi, dalam memasak makanan kita harus pandai mengolahnya. Salah satu contohnya adalah ketika memasak daging. buanglah kulit atau lemak yang melekat di dalamnya supaya tidak mudah terkena gangguan kolestrol yang berujung pada penyakit fatal, jantung. Hindari penggunaan MSG dan bumbu-bumbu dapur yang menggunakan MSG dalam memasak.

Baca juga: Cara Membersihkan Otak Anda

Gunakanlah berbagai bumbu segar maupun kering seperti jahe, kunyit, bawang putih, dan sebagainya. Karena bumbu-bumbu ini memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Lalu kurangi penggunaan minyak yang berlebihan dan pergunakan minyak dengan 2 kali penggorengan saja. Jangan sampai digunakan berulang-ulang karena tidak baik dan berdampak negatif pada kesehatan.

Demikian catatan kang sodikin tentang Tips mudah masak makanan yang sehat dan bergizi di Sodikin.Com.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya