Cara Mudah Mempercantik Tampilan Profile Instagram. Belajar tutorial Instagram tak lengkap rasanya bila tak mencoba cara ampuh mempercantik tampilan profile Instagram. Platform media sosial ini memang sedang digandrungi netizen seluruh dunia karena berbagai fiturnya yang sangat menghibur dan mendukung gaya hidup eksis di zaman sekarang.



Kebanyakan orang membuat akun Instagram memang untuk tujuan menyapa khalayak ramai. Ia ingin dirinya diketahui oleh banyak orang melalui postingan foto maupun video. Saking pentingnya IG, mayoritas public figure pun memilikinya. Khusus untuk orang-orang berpengaruh, IG memberlakukan tanda “verifikasi” atau “centang biru” yang menandakan bahwa akunnya itu resmi.

Apa Anda pernah mengunjungi profil Instagram dan dibuat terkesima karena tampilannya sangat keren dan rapi? Rupanya akun tersebut memang ditata secara khusus dengan sangat memperhatikan desain, detail dan fungsi. Cara ampuh mempercantik tampilan profile instagram benar-benar telah diterapkannya.

Fitur-Fitur Utama Pada Profil Instagram


Sebelum membahas lebih jauh tutorial cara mudah mempercantik tampilan profile Instagram, mari ketahui dulu fitur-fitur penting dari UI/UX profile instagram berikut ini:

1. Foto Profil

Perlu diketahui bahwa foto profil adalah bagian paling penting dari tutorial Instagram, khususnya desain tampilan IG. Orang lain cenderung akan klik tombol follow hanya dari saat mereka melihat foto tersebut tertampang secara dinamis di halaman muka aplikasi Instagram atau kolom search.

2. Nama dan Nama Pengguna

Nama adalah nama asli pengguna yang ingin ditampilkan di halaman profil Instagram. Sedangkan nama pengguna atau username atau ID yang menjadi nickname yang akan muncul di tampilan search. Buatlah nama pengguna yang mudah diingat sehingga tidak menimbulkan kebingungan saat sedang dicari di kolom search. Kecuali kalau diri kita adalah public figure dengan verified account cenderung username akan berada di urutan atas. Meskipun menggunakan ID yang sulit berkombinasi huruf dan angka sekali pun.

3. Situs Web

Jangan segan untuk mencantumkan alamat situs web. Maksimalkan kolom URL website ini untuk menarik lebih banyak followers. Ini adalah bagian dari strategi pasar juga untuk promosi melalui IG.

4. Bio

Cara ampuh mempercantik tampilan profile Instagram juga sangat didukung dengan mengisi kolom bio, yakni uraian singkat berisi maksimal 150 karakter dengan spasi. Saking pendeknya kolom bio, isilah dengan sesingkat dan sejelas mungkin yang menggambarkan tentang diri.

5. Postingan Utama

Postingan utama adalah fitur postingan di bawah profil Instagram. Di sana bisa berbagai foto maupun video. Ini juga menjadi bagian paling strategis untuk mendesain tampilan profil IG. Di fitur inilah, kreativitas dan selera akan design grafis benar-benar akan diuji. Fitur postingan utama ini dibuat dalam panjang 3 kotak kolom.

6. Insta Story

Tak kalah penting dalam tutorial Instagram adalah Insta Story. Tahukah bahwa Instagram Story atau Insta Story ini menjadi salah satu tonggak penting dari tampilan profil akun IG pula? Meskipun keberadaannya tersembunyi, fitur Insta Story ini memungkinkan kita untuk berbagai snapgram-snapgram dalam waktu cepat. Menyebarnya pun sangat cepat karena IG story akan langsung muncul di beranda akun IG seluruh followers, seketika, setelah kita mempostingnya.

7. Following & Followers

Meskipun sering diabaikan dalam desain tampilan IG, ternyata jumlah following dan followers juga sangat mempengaruhi cara ampuh mempercantik tampilan Instagram. Pasalnya semakin banyak followers, maka sebuah profil IG dianggap sangat populer dan layak diikuti. Dan semakin sedikit following atau mengikuti pun terkadang dianggap sebagai sebuah profile Instagram yang tidak dimiliki sembarang orang atau justru sebaliknya, dianggap akun fake.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjaga Pola Hidup yang Sehat ?

Desain Postingan Utama dan Insta Story


Masih terkait dengan cara mudah mempercantik tampilan profile Instagram. Kali ini kita akan membahas tentang desain postingan. Pada dasarnya cara ampuh membuat tampilan IG jadi cantik dan rapi adalah dengan memanfaatkan 7 fitur utama dari IG di atas. Seluruh fitur lain yang ada dalam Instagram merupakan turunan atau tools yang memudahkan operasi ketujuhnya. Namun agaknya sangat penting untuk membahas dengan khusus perihal postingan utama IG dan Insta Story lebih jauh.

Postingan utama Instagram maksudnya adalah kolom postingan untuk berbagi foto dan video dengan panjang 3 kotak kolom. Semakin banyak foto atau video yang dipublish melalui fitur ini, maka tampilannya pun akan semakin memanjang ke bawah.

Perhatikan baik-baik bahwa postingan utama didesain dengan format 3 kolom lebarnya, maka Anda seperti diminta untuk menyajikan potongan puzzle. Maka gunakanlah insting matematika saat akan posting foto. Anda bisa menggunakan foto-foto yang telah diedit dengan software desain grafis, seperti photoshop sebelum diunggah.

Kemudian Insta Story juga tak kalah pentingnya, ini adalah fitur yang sangat mirip dengan Snapchat, maka dari itu sering pula disebut Snapgram. Tidak ada aturan khusus apakah foto atau video yang dipublish melalui Snapchat harus bagus atau tidak. Namun untuk keperluan cara ampuh mempercantik tampilan profile Instagram, Anda harus menyimpan Snapgram menjadi sebuah sorotan.

Baca juga: Panduan Cara Transfer Saldo OVO ke DANA dan Sebaliknya

Sorotan Snapgram akan muncul dalam sebaris kolom di bawah uraian Bio, name, username, followers, following dan lain sebagainya dalam waktu selama-lamanya semenjak diposting. Selama tidak dihapus oleh sang pemilik akun, maka sorotan berbentuk bulat ini akan selalu ada di sana.

Penutup


Demikian cara mudah mempercantik tampilan profile Instagram yang bisa Anda lakukan sendiri.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya