Empat tweak Mac tersembunyi untuk mempercepat komputer Anda. Ambil macOS ke tingkat berikutnya.

empat-tweak-mac-tersembunyi-untuk-mempercepat-komputer
Buat Mac Anda berfungsi seperti baru lagi. Markus Spiske via Unsplash

Setelah beberapa tahun digunakan, bahkan mesin terbaik pun tidak dapat berjalan dengan lancar atau secepat dulu. Untungnya, beberapa penyesuaian di bawah tenda dapat meningkatkan kinerja MacBook, iMac, atau Mac Mini Anda. (Bukan penggemar Apple? Lihat panduan Popular Science untuk meningkatkan kinerja mesin Windows.) Penyesuaian ini tidak akan segera terlihat, tetapi mereka dapat memberi macOS pegas baru dalam langkahnya. Ikuti langkah-langkah ini untuk mempercepat mesin Mac Anda seperti yang dilakukan para ahli.

1. Perkecil efek visual

Tidak ada keraguan macOS adalah sistem operasi yang tampak cantik. Tetapi semua animasi mewah dan efek transparansi ini membutuhkan sumber daya yang dapat digunakan untuk aplikasi yang sebenarnya. Jika Anda ingin memastikan alat berat Anda berjalan dengan ramping dan separah mungkin, Anda dapat mematikan visual ekstra ini. Trik ini sangat berguna bagi mereka yang cenderung meninggalkan banyak aplikasi dan jendela terbuka pada satu waktu.

Untuk mengurangi eye candy yang asing, buka System Preferences dari menu Apple, lalu buka Accessibility dan buka tab Display. Centang kotak bertanda Kurangi gerak dan Kurangi transparansi, yang akan memberi Anda antarmuka yang lebih cepat, meskipun lebih jelas.

empat-tweak-mac-tersembunyi-untuk-mempercepat-komputer
Matikan beberapa visual berkembang di macOS.David Nield

Saat Preferensi Sistem terbuka, Anda dapat menyesuaikan lebih banyak pengaturan visual. Pergi ke layar Dock untuk mematikan animasi untuk membuka aplikasi. Untuk peningkatan kecepatan kecil lainnya, gunakan menu ini untuk memastikan kotak di sebelah Secara otomatis menyembunyikan dan menunjukkan Dock tidak dicentang. Ini akan menguncinya di bagian bawah desktop Anda daripada terus-menerus menghilang dan muncul kembali. Di tab Umum, ada opsi dengan nama yang sama yang akan menjaga bilah menu tetap ada.

Di luar Preferensi Sistem, Anda dapat menyesuaikan visual dengan aplikasi yang disebut TinkerTool. Gratis untuk diunduh dan digunakan, itu akan memberi Anda akses ke beberapa pengaturan tambahan yang tidak disertakan oleh aplikasi bawaan. Misalnya, Anda dapat menonaktifkan efek animasi di Finder, dan gambar fade-in dan fade-out di Launchpad. Untuk opsi lainnya, klik melalui berbagai panel TinkerTool dan coba nyalakan dan matikan beberapa efek.

2. Periksa penggunaan sistem

Saat komputer Anda merangkak, Anda perlu mencari tahu apa yang mungkin memperlambatnya. Untuk mengetahui di mana semua sumber daya sistem Anda pergi, periksa program tersembunyi, tetapi bermanfaat yang disebut Activity Monitor.

Baca juga: Microbiome rumah Anda, terungkap

Buka Spotlight dengan Ctrl + Spasi atau dengan mengklik pada kaca pembesar di bilah menu. Kemudian ketik "Monitor Aktivitas" ke dalam kotak. Pilih saran pertama yang muncul dalam daftar, dan itu akan menunjukkan kepada Anda semua aplikasi dan proses latar belakang yang sedang berjalan di Mac Anda.

Di dalam Activity Monitor, Anda akan melihat rentetan angka dan nama aplikasi yang terus berubah, tetapi jangan panik. Layar ini sebenarnya cukup mudah dinavigasi. Tab pertama, CPU, menunjukkan berapa banyak daya pemrosesan yang dibutuhkan setiap program yang sedang berjalan. (CPU adalah singkatan dari Central Processing Unit; komponen ini bertindak sebagai otak komputer dan melakukan sebagian besar perhitungannya.) Anda akan melihat semua program terbuka di kolom di sebelah kiri, bersama dengan persentase waktu prosesor saat ini mengambil resource. Bagian bawah tab ini akan menunjukkan kepada Anda keseluruhan penggunaan CPU dengan grafik yang terus diperbarui.

empat-tweak-mac-tersembunyi-untuk-mempercepat-komputer
Activity Monitor memberi Anda tampilan di bawah kap Mac Anda. Nvid Nield

Beralih ke tab Memori, dan Anda akan menemukan bacaan yang serupa, tetapi kali ini untuk RAM. (RAM komputer, atau Memori Akses Acak, menyimpan informasi.) Awasi entri Memory Used di bagian bawah jendela Anda — ini menunjukkan berapa banyak RAM yang sedang dikonsumsi. Jika berada di suatu tempat di dekat jumlah maksimum RAM yang terpasang pada mesin Anda, itu mungkin menjelaskan setiap perlambatan sistem atau kerusakan yang Anda alami.

Di dalam Activity Monitor, Anda dapat menemukan program atau proses yang tidak dikenal. Klik tombol "i" kecil untuk informasi lebih lanjut tentang apa yang dilakukan aplikasi itu. Untuk menghentikannya, klik tombol "x" kecil — pastikan Anda tahu apa yang prosesnya lakukan pertama kali.

Setelah Anda nyaman menavigasi dalam Activity Monitor, Anda dapat menggunakan pengetahuan ini untuk meningkatkan kinerja sistem Anda. Pertama, mengidentifikasi aplikasi yang menghabiskan lebih dari sumber daya yang adil. Jika mereka benar-benar tidak perlu terbuka, Anda dapat mematikannya. Jika Anda ingin terus menjalankan salah satu program yang dipermasalahkan, buka pengaturannya untuk melihat apakah Anda dapat membuatnya bekerja lebih efisien. Misalnya, jika salah satu yang banyak mamakan memori Anda adalah browser, Anda dapat mencoba menonaktifkan ekstensi apa pun.

3. Kosongkan penyimpanan hard drive

Mesin macOS Anda mengandalkan ruang hard disk kosong yang layak di mana ia dapat menyimpan file-file sementara. Ini juga membutuhkan ruangan ini karena akan menyimpan informasi pada hard drive jika kehabisan RAM. Tanpa ruang itu, ketika laptop atau desktop Anda mulai menipis di ruang hard drive, maka Anda mungkin akan melihat kelesuan keseluruhan dalam kinerja sistem.

Untungnya, macOS memiliki beberapa opsi untuk membantu Anda. Buka menu Apple, pilih About Mac ini, dan alihkan ke tab Storage untuk melihat jenis file mana yang menggunakan ruang disk Anda. Untuk merapikannya dan membebaskan beberapa ruang ekstra, klik tombol Kelola.

empat-tweak-mac-tersembunyi-untuk-mempercepat-komputer
MacOS dilengkapi dengan alat bawaan untuk merapikan hard drive. David Nield

Di sebelah Simpan di iCloud, klik Optimalkan dan macOS akan membantu Anda memindahkan beberapa foto dan video Anda ke cloud sehingga Anda dapat menghapus salinan lokal. Jika Anda mengklik Optimalkan di sebelah Optimize Storage, di sisi lain, macOS akan mencari di folder iTunes dan Mail Anda untuk file yang dapat dihapus dengan aman. Misalnya, mungkin menghapus film yang diunduh yang sudah Anda tonton, karena mereka selalu tersedia di cloud.

Baca juga: Resep Membuat Es Pensil Susu Segar dan Cemilan Pizza Goreng

Di sebelah entri terakhir, Kurangi Kekacauan, klik Tinjau File. Utilitas akan menyarankan file besar, unduhan, dan data lainnya yang sebenarnya tidak perlu Anda simpan. Ini adalah panggilan Anda tentang apa yang Anda singkirkan dari sini — gunakan ikon silang untuk menghapus file. Jika Anda tidak yakin apa isi file tersebut, tekan ikon kaca pembesar untuk melihatnya di Finder, tempat Anda dapat membukanya dan memutuskan apakah Anda harus bertahan atau tidak. Masih tidak yakin? Anda selalu dapat mencadangkan file di tempat lain sebelum menghapusnya.

4. Cegah program agar tidak diluncurkan saat startup

Banyak aplikasi yang ingin memuat setidaknya sebagian dari dirinya ke dalam memori segera setelah macOS dimulai. Peluncuran otomatis ini memberi mereka keunggulan dalam memulai program lain dan memastikan mereka selalu tersedia untuk Anda. Ini sering bermanfaat - sesuatu seperti Dropbox, misalnya, harus selalu aktif dan berjalan setiap saat agar file Anda tetap disinkronkan dan siap. Masalahnya muncul ketika terlalu banyak program perangkat lunak dan utilitas memuat dirinya ke dalam memori, yang membuat startup komputer lebih lama dan membatasi jumlah CPU dan RAM yang tersedia untuk aplikasi yang sebenarnya ingin Anda gunakan. Mengambil kendali lebih besar atas program mana yang diluncurkan saat startup dapat memulihkan sebagian kinerja yang telah Anda hilangkan.

empat-tweak-mac-tersembunyi-untuk-mempercepat-komputer
Batasi program yang memulai dengan macOS.David Nield

Buka System Preferences dari menu Apple, lalu klik Users & Groups dan pilih akun Anda. Beralih ke tab Item Login untuk melihat — dan mengubah — program yang dapat memulai secara otomatis. Tombol minus menghapus entri dan tombol tambah memungkinkan Anda menambahkan program ke daftar. Jika Anda tidak mengenali salah satu aplikasi, pencarian web cepat harus memberi tahu Anda apa itu dan mengapa mereka ingin memulai dengan macOS.

Tetapi Anda sebenarnya tidak menghapus program apa pun dari sistem Anda — Anda hanya menghentikannya dari memulai secara otomatis. Jika Anda membutuhkannya nanti, Anda selalu dapat membukanya dengan cara biasa, dan Anda bahkan dapat menambahkannya kembali ke daftar Item Login. Pada akhirnya, Anda perlu sedikit coba-coba untuk mencari keseimbangan terbaik antara selalu memiliki berbagai aplikasi dan utilitas, dan membuat boot macOS secepat mungkin.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya