Microbiome rumah Anda, terungkap. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang bakteri, jamur, dan virus di rumah Anda.

microbiome-rumah-anda-terungkap

Ada sebuah dunia yang sedang berlangsung di rumah Anda, dan dunia yang tidak akan pernah Anda lihat: kehidupan microbiome rumah Anda. Alam semesta kecil yang rumit ini berasal dari bakteri, jamur, virus, dan mikroba lainnya yang ada di setiap permukaan dan bahkan di udara yang Anda hirup. Tapi tidak seperti pipa, lampu, dan peralatan Anda, ekosistem mikroskopis ini terus beroperasi — selama kita tidak terlalu banyak ikut campur.

Microbiome mungkin terdengar seperti istilah mewah, tetapi itu cukup mudah dimengerti. "Mikrobioma adalah kumpulan semua mikroba dalam lingkungan tertentu," jelas ahli mikrobiologi Universitas Northwestern Erica Hartmann. Anda mungkin pernah mendengar istilah ini sebelumnya merujuk pada mikroba usus tubuh Anda sendiri. Tetapi di mana pun ada kehidupan, begitu pula mikroba, dan setiap lingkungan — bahkan Stasiun Luar Angkasa Internasional — memiliki mikrobioma sendiri.

Jangan panik. Sementara bakteri, virus, dan organisme kecil lainnya sering mendapatkan cap buruk karena menyebabkan penyakit menular. Mikroba pada dasarnya tidak buruk. "Secara umum, fakta bahwa rumah Anda memiliki microbiome bukanlah hal yang berbahaya," katanya. "Ada microbiome di mana-mana." Sebagian besar mikroba di rumah Anda tidak dapat membuat Anda sakit dan mereka mengisi ceruk-ceruk lingkungan yang dapat diambil alih oleh yang * dapat * menyebabkan penyakit. Dan karena semakin tertutup suatu lingkungan, maka semakin tinggi kemungkinan mikroba akan dipindahkan kepada Anda. Menghindari patogen itu sangat penting dalam lingkungan dalam ruangan tempat Anda menghabiskan banyak waktu.

Mikroba berasal dari berbagai sumber: Ada yang hidup pada Anda dan keluarga Anda sepanjang waktu, organisme yang menumpang dari luar, mikroba dari hewan peliharaan Anda, dan serangga kecil yang hidup dari barang-barang di rumah Anda . Itu termasuk semuanya, mulai dari wastafel hingga kipas langit-langit berdebu, dan bahkan udara.

Baca juga: Tiga Trik untuk Menjaga Herbal Tetap Segar Sepanjang Tahun

Sementara para ilmuwan tahu rumah kita bekerja sama dengan mikroba penghuni, mereka tahu sedikit tentang jenis apa yang ada atau mana yang paling umum. Itu karena para ilmuwan masih mencari cara untuk mengidentifikasi dan menghitung semua mikroba dalam microbiome, kata Hartmann. Untuk satu hal, organisme hanya dapat dilihat di bawah mikroskop — dan virus bahkan memerlukan jenis mikroskop yang lebih khusus, karena mereka berada di antara 100 dan 500 kali lebih kecil daripada bakteri. Sementara rumah sering berbeda besar dan kcilnya, sehingga jika menghitung semua mikroba di setiap rumah tentu akan memakan waktu yang sangat lama.

Para ilmuwan bekerja keras untuk memahami microbiome rumah Anda. Dan itu untuk alasan yang bagus: Mikroba di rumah memiliki posisi yang baik untuk berkembang dan beradaptasi sehingga pertahanan kita terhadap mikroba yang lebih berbahaya dapat berubah. Untuk mempelajari kutu, para peneliti menyeka berbagai permukaan rumah dan kemudian mengurutkan semua DNA yang ada di pembersih. DNA itu sering berasal dari berbagai sumber mikroba — virus, bakteri, dan jamur yang disebutkan di atas serta archaea, yang merupakan mikroorganisme yang mirip dengan bakteri — dan tentu saja sumber yang lebih besar seperti manusia dan hewan peliharaan mereka. Dengan memberi penekanan pada DNA mikroba dan mengidentifikasi spesies yang tepat, para ilmuwan dapat mengetahui mikrobiome rumah Anda dan siapa yang menjadi bagian darinya.

Baca juga: Cara Membersihkan Otak Anda

Di seluruh dunia, para ilmuwan telah menemukan, mikrobioma rumahan sangat beragam. Hartmann baru-baru ini bekerja pada sebuah penelitian yang mengumpulkan semua jenis bakteri yang ditemukan di rumah selama penelitian sebelumnya. Di mana sebuah rumah berada, siapa yang tinggal di dalamnya, dan kondisi yang ada di dalam rumah (seperti seberapa lembabnya) semuanya memengaruhi microbiome rumah, dia menemukannya.

Namun, pada titik ini, Hartmann mengatakan Anda tidak perlu memikirkan semua ini. "Saya tidak yakin apa yang akan Anda lakukan dengan informasi itu," katanya. Tapi dia dan ilmuwan lain masih ingin memahami mikrobioma rumahan dan perannya dalam dunia mikroba.

Tujuan keseluruhan penelitiannya baru-baru ini adalah untuk melihat bagaimana mikroba di lingkungan rumah berkontribusi pada peningkatan bakteri super yang kebal antibiotik. Semua mikroba di rumah Anda ditambah dengan semua pembersih dan obat-obatan di rumah Anda menciptakan keadaan bagi mikroba untuk berevolusi menjadi lebih tahan. Resistensi antimikroba adalah berita buruk karena berbagai alasan. Ini mempengaruhi kesehatan manusia, membuat pengobatan untuk penyakit menular tertentu kurang efektif, itu mempengaruhi pasokan makanan kita, karena lebih banyak serangga patogen membunuh lebih banyak ternak, dan itu mempengaruhi dunia alami.

Baca juga: 10 Trik tersembunyi yang Anda tidak tahu bisa dilakukan iPhone Anda

Anda dapat membantu dengan masalah ini. Di rumah Anda, Anda dapat melawan resistensi antibiotik dengan bertanya kepada dokter Anda apakah antibiotik benar-benar diperlukan untuk apa yang membuat Anda sakit dan menghindari hal-hal seperti sabun dan pembersih tangan antibakteri kecuali itu benar-benar diperlukan (karena mereka menghilangkan bakteri baik dan buruk dalam satu sapuan).

Jadi, bagaimana Anda harus menjaga rumah Anda bebas dari mikroba berbahaya yang mungkin membuat Anda sakit dengan tetap menjaga bug (bakteri) yang baik? Karena di setiap genangan air memiliki potensi untuk menampung mikroba. Kebijakan yang baik, umumnya, adalah menghindari keberadaannya. Menjaga segalanya sesering mungkin pada umumnya adalah ide yang bagus. Para peneliti telah menemukan bahwa mengganti spons dapur Anda setiap minggu, misalnya, dan secara teratur mencuci handuk dapur Anda - dua hal yang secara selalu lembab dan yang sering bersentuhan dengan Anda dan makanan Anda - adalah cara yang baik untuk mencegah pertumbuhan mikroba yang mungkin menyebabkan manusia penyakit.

Jika Anda masih merasa ingin tahu tentang apa yang mungkin tinggal di rumah Anda, Hartmann menyarankan untuk memeriksa Komunitas Mikroba, aplikasi dan situs web yang dibuat oleh seorang seniman dan ahli mikrobiologi yang memberi tahu Anda lebih banyak tentang berbagai jenis mikroba yang hidup di lingkungan Anda. Dan jadilah teman sekamar yang baik: Jauhi sabun tangan antibakteri. Kang  Sodikin - sodikin.com

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya