Cara Terbaru atasi masalah tidak bisa login ke wp-admin, dijamin berhasil

Cara Terbaru atasi masalah tidak bisa login ke wp-admin, "You need a higher level of permission. Sorry, you are not allowed to customize this site."
Kang Sodikin

Cara Terbaru atasi masalah tidak bisa login ke wp-admin, "You need a higher level of permission. Sorry, you are not allowed to customize this site.", dijamin berhasil. 

Sebel dan bingung saat mengalami gagal masuk ke halaman wp-admin wordpress. Tiap kali mencoba login dengan memasukkan username dan password, selalu diarahkan ke halaman utama blog. Sekalinya tidak redirect ke homepage, muncul tulisan "You need a higher level of permission. Sorry, you are not allowed to customize this site." atau "Anda memerlukan tingkat izin yang lebih tinggi. Maaf, Anda tidak diizinkan untuk menyesuaikan situs ini."

Persoalan ini muncul di blog wordpress saya setelah saya mengganti theme ke wp theme yang baru. Hal itu saya lakukan karena ingin tampilan baru dan lebih fresh. E... malah berdampak pada error dan tidak masuk ke wp-admin.

Gagal masuk ke wp-admin Wordpress: Solusi di internet yang saya temukan

Setelah berklai-kali mencoba untuk login ke halaman wp-admin dan terus gagal maka saya browsing di internet untuk menemukan solusi. Dari hasil browsing saya menjumpai banyak solusi. Solusi permasalahan gagal login wp-admin yang saya temukan:

  1. Anda perlu melakukan Clear Recent History, Cookie dan Cache pada Browser
  2. Restore File .htaccess Default dengan cara menghapus ataumemberi nama lain missal .htaccess.old. Alasan melakukan ini adalah dimungkinkan file tersebut korup atau rusak. Biarkan wordpress membuat file baru dengan car akita masuk ke setting permalink lalu simpan
  3. Me-nonaktifkan Plugins yang terdapat di direktori wp-content dengan cara memberi nama lain misalnya pluginsnonaktif atau plugins.old
  4. Me-nonaktifkan Template atau theme Wordpress via phpMyAdmin
  5. Membuat user baru dengan memberi kapabilitas administrator di phpMyAdmin dengan kode a:1:{s:13:”administrator”;s:b:”1″;} dan user_level 10 di phpMyAdmin
  6. Mengganti password user admin lewat wp_users di phpMyAdmin
  7. Melakukan install ulang core Wordpress dengan menimpa file dalam folder wp-admin dan wp-include dengan fresh file dari WP
  8. Mengembalikan backup WP ke tanggal sebelum terjadi error
  9. Cek permission file. Php (664) dan folder (755)
  10. Konsultasi ke pihak penyedia layanan hosting

Konsultasi ke pihak penyedia layanan hosting

Semua cara yang disebutkan sebagai solusi masalah tidak bisa login ke wp-admin, "You need a higher level of permission. Sorry, you are not allowed to customize this site." saya lakukan semua. Satu persatu saya coba lakukan sesuai panduan. Namun sayangnya, tidak satupun yang berhasil. Masalah gagal login wp-admin tetap tidak terselesaikan.

Sayapun berkonsultasi ke penyedia layanan hosting dimana saya menggunakan jasanya. Melalui fasilitas live chat saya berkonsultasi dan direspon dengan cepat. Segera costumer service di chat menyatakan siap membantu dan meminta tunggu sebentar. Dan sayapun menunggu.

Tidak berselang lama, ada jawaban "sedang diupayakan". Rupanya tim teknis juga kesulitan menemukan solusi masalah gagal login tersebut. Dia meminta izin untuk mengembalikan file backup sebelum terjadi masalah. Sayapun mengizinkan. Rupanya, restore file backup terdekat gagal dan meminta izin saya untuk restore dari file backup yang tanggalnya sedikit lebih jauh dari terjadinya masalah gagal login wp-admin tersebut. Sekali lagi, sayapun mengizinkan.

Tapi sayangnya, hingga larut malam masalah tetap tidak terselesaikan. CS Tim teknis nyerah dan berjanji akan kembali membantu esok harinya.

Keesokan hari, saya chat lagi CS. Dan diterima orang berbeda namun sudah tahu permasalahannya. Dia siap membantu mencari solusi atas masalah blog saya. Dicoba dan dicoba terus, bahkan tiap langkah teknis diinformasikan ke saya via chat. Setelah lama berkutat hingga siang, akhirnya nyerah juga. Dia berjanji akan kembali membantu setelah konsultasi ke yang lebih ekspert.

Setelah menunggu hingga hari berikutnya tidak ada pemberitahuan bahwa masalah sudah teratasi, saya yakin tim teknis juga belum bisa memecahkan masalah gagal login tersebut. Saya yakin juga bahwa solusi yang dilakukan sama persis seperti yang saya tulis di atas.

Menemukan solusi masalah masalah tidak bisa login ke wp-admin, "You need a higher level of permission. Sorry, you are not allowed to customize this site."

Karena bantuan tim teknis tidak kunjung menyelesaikan masalah maka seharian saya berpikir untuk menemukan solusi masalah tidak bisa login ke wp-admin, "You need a higher level of permission. Sorry, you are not allowed to customize this site." tersebut. Dan Alhamdulillah, setelah sholat Maghrib saya menemukan solusi atas masalah tersebut.

Namun dalam prosesnya, terlebih dahulu saya install plugin dan mengaktifkan enable-jquery-migrate-helper via control panel - WordPress Management, GAGAL. Install plugin lain juga gagal. Dan ketika install plugins user-role-editor juga gagal. Setelah install plugins User Roles and Capabilities saya berhasil masuk wp-admin. Namun sayangnya tidak penuh sebagai Administrator melainkan contributor sehingga hanya bisa posting dan tidak lebih. Merubah settingan plugin tidak bisa karena menu plugin dan setting tidak muncul di halaman admin.

Meski bisa masuk ke halaman wp-admin, tetapi dengan izin yang terbatas, saya tetap saja tidak puas karena menu-menu admin yang lain hilang. Saat saya ingin menyelesaikan costumize theme yang baru saya pasang selalu muncul tulisan "You need a higher level of permission. Sorry, you are not allowed to customize this site".

Saatnya tiba, masalah gagal login wp-admin terpecahkan

Sehabis sholat Maghrib saya punya ide untuk install Wordpress di subdomain baru. Tujuannya adalah melihat seeting user admin database di phpmyadmin.

Langsung saja saya buat subdomain dan instal wordpress. Selesai install, saya menuju phpmyadmin. Saya perhatikan satu persatu tiap bagian ..._users, ..._usermeta dan ... _option. Saya cari dan perhatikan apa yang berbeda dan yang sama dengan database blog yang gagal masuk wp-admin. Tra tra.... akhirnya ketemu juga. Pada bagian ... _option di phpmyadmin blog baru terdapat bagian yang berbeda dengan yang bermasalah. Berikut penampakannya:

Cara Terbaru atasi masalah tidak bisa login ke wp-admin, dijamin berhasil

Sementara penampakan di blog yang error tidak demikian seperti gambar berikut:

Cara Terbaru atasi masalah tidak bisa login ke wp-admin, dijamin berhasil

Script a:0:{} menunjukkan tidak aktif. Wajar saja, jika selalu muncul tulisan "You need a higher level of permission. Sorry, you are not allowed to customize this site." karena memang saya tidak memiliki izin akses ke halaman admin.

Maka solusi masalah tidak bisa login ke wp-admin, "You need a higher level of permission. Sorry, you are not allowed to customize this site." adalah saya copy ..._user_roles di phpmyadmin di subdomain dan paste ke ..._user_roles di blog yang error. Hasilnya, sungguh menggemberakan. Blog saya kembali normal. 

Dan masalah tidak bisa login ke wp-admin, "You need a higher level of permission. Sorry, you are not allowed to customize this site." terpecahkan.

Demikian Cara Terbaru atasi masalah tidak bisa login ke wp-admin, dijamin berhasil.

Kang Sodikin
Seorang blogger pemula dan penggemar fotografi makro. Belakangan, meski terbilang terlambat, sejak tahun 2017 mulai menekuni dunia blogging. Kang Sodikin suka berbagi informasi tentang banyak hal. Pengalaman pribadi dan dari hasil baca-baca dishare melalui blog sodikin.com ini. Mempunyai motto hidup "sekecil apapun, hidup harus memberi manfaat kepada orang lain"
Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Semoga komentar Anda berdampak pada kebaikan.