Cara membuat kolase cerita Instagram yang indah

Cara membuat kolase cerita Instagram yang indah mengunakan Canva, Adobe Express, Mojo dan Unfold.
Kang Sodikin

Cara membuat kolase cerita Instagram yang indah

Sodikin.com - Cara membuat kolase cerita Instagram yang indah.

Instagram telah berkembang jauh melampaui umpan foto sederhana yang dibuatnya, meluas ke pesan langsung, video, dan, tentu saja, cerita — format mirip Snapchat yang memungkinkan Anda memposting konten yang tetap terlihat hanya selama 24 jam.

Meskipun Anda dapat memilih untuk memposting satu gambar dan klip video ke cerita Instagram Anda, Anda dapat membuat sesuatu yang lebih menarik dengan menggabungkan beberapa foto bersama-sama. Opsi untuk melakukannya tersedia di dalam Instagram itu sendiri, sementara aplikasi pihak ketiga menawarkan lebih banyak opsi tata letak dan pemformatan.

Tidak hanya ini cara yang mudah dan menyenangkan untuk menambahkan sedikit lebih banyak bakat ke cerita Anda, itu berarti lebih sedikit foto yang tersisa di pinggir jalan. Jadi silakan: kemas sebanyak mungkin foto yang Anda inginkan.

Instagram

Sebaiknya periksa fitur bawaan yang tersedia di Instagram terlebih dahulu, agar Anda tahu apa yang mungkin dilakukan tanpa aplikasi pihak ketiga. Tekan lama pada Cerita Anda dari layar beranda, lalu ketuk Tambahkan ke Cerita Anda , diikuti oleh Pilih , dan pilih gambar yang ingin Anda gunakan. Pilih Berikutnya dan Tata Letak dan mulai mengatur.

Tombol di bagian atas memungkinkan Anda menambahkan stiker, teks, dan elemen lainnya, dan tombol di paling kiri memungkinkan Anda mengubah tata letak kolase—opsi yang tersedia di sini akan bervariasi tergantung pada berapa banyak gambar yang Anda pilih. Jika Anda senang dengan tampilan semuanya, gunakan opsi Kisah Anda (semua orang melihatnya) atau Teman Dekat (hanya teman dekat yang melihatnya) untuk memposting.

Meskipun nyaman untuk memiliki opsi ini dalam Instagram, mereka bukan yang paling canggih dan mereka tidak memberi Anda banyak pilihan dalam hal memposisikan foto atau menambahkan efek. Jika Anda benar-benar ingin kolase foto Anda bersinar, Anda harus beralih ke aplikasi terpisah.

Instagram gratis untuk Android dan iOS .

Canva

Canva telah membangun reputasi yang kuat sebagai aplikasi desain grafis yang kuat dan penuh fitur, dan dapat membuat beberapa kolase Instagram terbaik. Dari layar pembuka, ketuk Media sosial , Instagram , dan Instagram Story untuk memulai—Anda dapat memilih dari template Canva sendiri atau memilih Buat kosong untuk memulai dari awal.

Gunakan tombol + (plus) di bagian bawah untuk menambahkan gambar, teks, stiker, dan elemen lainnya—bahkan template tambahan. Setelah Anda memiliki semua yang Anda butuhkan di halaman, Canva memungkinkan Anda memposisikan ulang dan mengubah ukuran setiap objek: pilih sesuatu dan opsi akan muncul di bawahnya. Setelah selesai, Anda dapat mengekspor hasilnya langsung ke Instagram untuk diposkan ke cerita Anda.

Membuat kolase Instagram dengan Canva bisa memakan waktu dan tenaga, tetapi Anda akan mendapatkan banyak kendali atas tampilan kreasi Anda, dan Anda bisa membuat setiap piksel terlihat persis seperti yang Anda inginkan. Anda dapat membuat kolase secara gratis, meskipun langganan Canva Pro ($13 per bulan, dengan uji coba gratis) memberi Anda akses ke lebih banyak stok foto, ilustrasi stok, dan templat.

Canva gratis atau $13 per bulan untuk Android dan iOS.

Adobe Express

Cara membuat kolase cerita Instagram yang indah selanjutnya adalah menggunakan Adobe Express. Saudara kandung Photoshop yang kurang dikenal adalah pembuat kolase media sosial yang hebat. Adobe Express mirip dengan alat Canva yang kami sebutkan di atas, yang mencakup semua jenis proyek desain grafis, termasuk pamflet, logo, dan citra media sosial. Anda dapat membuat posting Instagram secara gratis, meskipun lebih banyak templat, konten stok, dan fitur lanjutan tersedia dengan langganan bulanan $10.

Kami tertarik dengan kolase Instagram di sini, yang dapat Anda buat di dalam Adobe Express dengan mengetuk cerita Instagram dari layar beranda. Pilih salah satu template atau pilih Mulai dari awal dan Anda dapat mulai membuat postingan. Kemudian gunakan tombol Tambah untuk menambahkan elemen baru (termasuk gambar) dan tombol Tata Letak untuk mengubah tata letak postingan.

Gambar dapat dipindahkan dengan bebas atau dijepret ke kisi, dan Anda mendapatkan banyak fitur bermanfaat di sini—termasuk kemampuan untuk menghapus latar belakang di belakang subjek foto dengan cepat. Anda bahkan dapat menambahkan animasi sederhana (seperti foto memudar masuk dan keluar). Jika sudah selesai, Anda bisa langsung mengirimkan hasilnya ke Instagram.

Adobe Express gratis atau $10 per bulan untuk Android dan iOS.

Mojo

Mojo menawarkan berbagai pengaturan dan tata letak untuk kolase cerita Instagram, dan dapat membantu semua platform media sosial Anda yang lain juga. Ada ratusan templat yang bisa digunakan, jadi Anda seharusnya bisa menemukan sesuatu yang cocok dengan tampilan yang Anda inginkan.

Tab Template adalah tempat Anda memulai, dan setelah Anda memilih tata letak yang diinginkan, Anda dapat mengetuk celah untuk memuat gambar Anda. Saat Anda bekerja, Anda dapat menyesuaikan warna, animasi, dan bahkan musik latar, dan ada juga fitur pratinjau praktis yang memungkinkan Anda melihat bagaimana tampilan postingan Anda sebenarnya di Instagram.

Anda dapat mengekspor kreasi Anda langsung ke Instagram setelah selesai. Jika Anda lebih suka memilih dan mengedit template daripada membuat kolase dari halaman kosong, Mojo layak untuk dilihat—Anda dapat membuat cerita Instagram gratis dengan tanda air Mojo kecil, tetapi langganan $10 per bulan akan memberi Anda lebih banyak opsi tata letak dan templat tambahan.

Mojo gratis atau $10 per bulan untuk Android dan iOS.

Unfold

Aplikasi Unfold berasal dari web hosting dan perusahaan desain Squarespace, jadi Anda tahu ada banyak keahlian teknik di baliknya. Seperti halnya Mojo, ini sangat didasarkan pada template, memberi Anda awal yang baik dengan pembuatan cerita Anda — yang harus Anda lakukan hanyalah memilih template dan memilih gambar Anda.
Ada ratusan template untuk disaring, ditambah berbagai opsi untuk animasi. Anda dapat dengan mudah meletakkan teks dan stiker di atas kreasi media sosial Anda, dan ada sentuhan yang bagus di seluruh aplikasi—seperti kemampuan untuk menyusun daftar pilihan template favorit Anda.

Unfold adalah salah satu pembuat kolase terbaik yang pernah kami lihat untuk membuat postingan secepat mungkin, dan Anda dapat mengirim apa pun yang Anda buat langsung ke Instagram. Langganan premium ($3 per bulan) memberi Anda lebih banyak templat, lebih banyak efek teks, dan lebih banyak opsi pengeditan foto, tetapi ada banyak juga di sini untuk pengguna yang tidak membayar.

Unfold gratis atau $3 per bulan untuk Android dan iOS .

Demikian tips dan trik seputar Cara membuat kolase cerita Instagram yang indah.

Kang Sodikin
Seorang blogger pemula dan penggemar fotografi makro. Belakangan, meski terbilang terlambat, sejak tahun 2017 mulai menekuni dunia blogging. Kang Sodikin suka berbagi informasi tentang banyak hal. Pengalaman pribadi dan dari hasil baca-baca dishare melalui blog sodikin.com ini. Mempunyai motto hidup "sekecil apapun, hidup harus memberi manfaat kepada orang lain"
Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Semoga komentar Anda berdampak pada kebaikan.