Cara memaksimalkan TikTok, Begini trik-nya

Cara memaksimalkan TikTok, Begini trik-nya. Platform berbagi video dan media sosial berdurasi pendek ini sangat populer mencapai satu miliar pengguna.
Kang Sodikin

Sodikin.com - Cara memaksimalkan TikTok, Begini trik-nya.

Hanya ada sejumlah kecil aplikasi telepon yang hampir semua orang pernah mendengarnya, dan TikTok adalah salah satunya. Platform berbagi video dan media sosial berdurasi pendek ini sangat populer, mencapai satu miliar pengguna pada tahun 2021. Itu tidak cukup hingga Facebook 2,9 miliar, tetapi semakin dekat.

Cara memaksimalkan TikTok, Begini trik-nya

Bagian dari kesuksesan itu adalah betapa mudahnya untuk terjun dan mulai menonton video yang sesuai dengan minat khusus Anda. Tetapi jika Anda meluangkan waktu untuk menggali lebih dalam, Anda akan menemukan berbagai fitur dan pengaturan yang dapat meningkatkan pengalaman TikTok Anda dalam segala hal.

Begini trik dan cara memaksimalkan TikTok

Ada beberapa cara dan trik yang bisa dilakukan jika Anda ingin memaksimalkan TikTok. Berikut ini 7 diantaranya:

1. Manfaatkan sepenuhnya hashtag

Baik Anda menjelajah atau membuat video, tagar adalah salah satu cara terbaik untuk menemukan konten baru atau menyampaikan kreasi Anda kepada audiens yang lebih besar. Mereka bekerja dengan cara yang sama seperti yang mereka lakukan di jejaring sosial lain seperti Twitter atau Instagram, tetapi ada beberapa fitur tambahan yang perlu diketahui.

Jika Anda mengetuk tagar di bagian bawah video apa pun, Anda akan melihat kecocokan terbaru untuk itu, tetapi Anda juga dapat menyimpannya dengan mengetuk Tambahkan ke Favorit. Ini membuat pintasan ke tagar tertentu yang dapat Anda akses dengan membuka Profil Anda , mengetuk ikon bookmark, lalu Hashtags . Anda juga dapat menemukan tagar yang sedang tren dengan membuka tab Temukan.

Untuk mencari label tertentu, ketuk ikon kaca pembesar di sudut kanan atas layar. Anda biasanya bisa sangat spesifik—Anda akan terkejut melihat betapa banyak hashtag yang ada di platform. Jika Anda membutuhkan inspirasi untuk menemukan tagar terkait (atau membuat lebih banyak tagar untuk ditambahkan ke video Anda sendiri), cobalah Generator Hashtag untuk TikTok online, tempat Anda dapat mengetikkan nama label dan platform akan menampilkan daftar tagar serupa Anda dapat menggunakan dan memberi tahu Anda seberapa populernya mereka.

2. Ubah TikToks favorit Anda menjadi GIF

Cara dan trik memaksimalkan TikTok yang kedua adalah mengubah mengubah TikToks favorit menjadi Gif. Jika Anda menemukan TikTok yang tidak cukup untuk Anda, Anda mungkin juga ingin membagikannya di platform lain. Mengubah sebagian menjadi GIF dapat membantu. Untungnya, opsi untuk mengubah TikToks menjadi GIF ada di dalam aplikasi.

Saat Anda menonton video yang relevan, ketuk tombol bagikan di sebelah kanan (ini adalah ikon panah), lalu pilih Bagikan sebagai GIF . Dengan menggunakan garis waktu di bagian bawah, Anda kemudian dapat memilih hingga lima detik video untuk dikonversi ke format memeable.

Ketuk Hasilkan dan aplikasi akan menyimpan GIF ke galeri di ponsel Anda. Anda mendapatkan opsi untuk membagikan GIF ke aplikasi lain (seperti WhatsApp atau Instagram) segera, tetapi Anda tidak harus segera melakukannya, karena TikTok menyimpan file secara lokal di ponsel Anda.

3. Tingkatkan kinerja saat bepergian

Anda tidak akan selalu dapat menikmati Wi-Fi yang cepat dan mengalir bebas saat menggesek TikTok, dan itu dapat menyebabkan masalah saat harus mengejar pembuat konten favorit Anda. Tetapi ada pengaturan di aplikasi yang dapat membantu.

Tap tab Profile , lalu tombol menu (tiga garis, kanan atas), lalu pilih Data Saver. Jika Anda mengaktifkan sakelar sakelar Penghemat Data , maka TikTok akan mengurangi bandwidth yang digunakannya dan menampilkan video pada resolusi yang lebih rendah.

Ini berarti lebih sedikit buffering pada koneksi seluler yang lemah, tetapi Anda dapat menggunakannya di tempat Anda memiliki tautan seluler yang kuat juga jika Anda ingin membatasi data yang Anda gunakan saat bepergian.

4. Buat tayangan slide foto TikTok

Cara dan trik memaksimalkan TikTok yang selanjutnya yaitu membuat tayangan slide foto TikTok. TikTok adalah aplikasi yang lebih serbaguna dari yang Anda kira. Kreasi Anda tidak harus berupa video pendek dan dapat berupa tayangan slide foto, memberi Anda kesempatan untuk mencampur apa yang Anda masukkan ke umpan Anda.

Saat Anda berada di layar pembuatan TikTok, ketuk tombol Unggah di sebelah tombol rekam, yang akan membawa Anda ke galeri ponsel Anda. Ketuk Foto , lalu Pilih beberapa , dan Anda dapat memilihnya dari galeri sesuai urutan yang Anda inginkan untuk menambahkannya ke tayangan slide.

Ketuk Berikutnya , dan Anda dapat melihat pratinjau tampilan klip Anda, sebelum memutuskan teks, sebutan, atau tagar apa pun yang ingin Anda tambahkan. Anda juga akan melihat semua opsi pengunggahan biasa di sana. Ketuk Posting untuk mengirim tayangan slide ke umpan Anda.

5. Buat efek layar hijau Anda sendiri

Berbicara tentang kemampuan yang mungkin tidak Anda ketahui dimiliki TikTok, Anda dapat menerapkan layanan efek layar hijau yang belum sempurna saat Anda membuat video untuk menukar latar belakang Anda saat ini dengan sesuatu yang tidak terlalu membosankan.

Saat Anda berada di layar perekaman di dalam aplikasi TikTok, ketuk tombol Efek di sebelah kiri tombol rekam. Dua efek pertama adalah latar belakang statis dan animasi, dan aplikasi akan secara otomatis menerapkannya di belakang apa pun yang ada di latar depan bidikan (biasanya, Anda).

Anda dapat menggunakan salah satu latar belakang yang disediakan TikTok, atau Anda dapat memilih sesuatu dari galeri ponsel Anda sendiri dengan menelusuri gambar mini tepat di atas kotak efek. Setelah menentukan pilihan, Anda dapat merekam video seperti biasa.

6. Jaga dirimu di TikTok

Seperti banyak aplikasi lain, TikTok bisa menjadi sesuatu yang membuang waktu, tetapi bantuan sudah dekat. Dari Profil Anda , ketuk tombol menu (tiga garis, kanan atas), lalu pilih Pengaturan dan privasi dan Kesehatan Digital.

Layar berikutnya yang muncul akan memungkinkan Anda mengatur batas waktu layar harian, mengonfigurasi pengingat untuk beristirahat dari aplikasi, dan menunjukkan berapa banyak waktu yang Anda habiskan di TikTok akhir-akhir ini. Anda dapat mengesampingkan pengaturan ini tanpa terlalu banyak masalah—mereka dikunci oleh kode PIN, yang Anda tetapkan sendiri—tetapi pengaturan tersebut dapat membantu Anda untuk tetap menggunakan TikTok dalam batas yang wajar.

Karena ada perlindungan kode PIN, Anda juga dapat menggunakan fitur yang sama untuk membatasi apa yang dilakukan anak-anak Anda di aplikasi, asalkan mereka dengan senang hati memberi Anda akses ke ponsel mereka untuk mengaturnya, tentu saja.

7. Lindungi privasi TikTok Anda

Cara dan trik memaksimalkan TikTok yang ketujuh adalah melindungi privasi Anda. Kecuali jika Anda bertujuan untuk menjadi superstar TikTok yang viral, Anda mungkin ingin membatasi siapa yang dapat melihat konten Anda, siapa yang dapat berinteraksi dengan video Anda, dan siapa yang dapat menghubungi Anda di platform.

Anda dapat mengatur semua ini dengan membuka Profil Anda, mengetuk tombol menu (tiga baris, kanan atas), lalu memilih Pengaturan dan privasi, lalu Privasi. Nyalakan sakelar sakelar atas, Akun pribadi , dan hanya pengikut yang disetujui yang dapat melihat video Anda. Jika Anda tidak ingin orang mudah menemukan Anda di TikTok (melalui kontak yang Anda miliki di Facebook, atau oleh orang yang memiliki nomor ponsel Anda, misalnya), Anda dapat mengontrolnya melalui opsi Sarankan akun Anda ke orang lain.

Lebih jauh ke bawah halaman privasi Anda dapat mengatur siapa yang diizinkan untuk meninggalkan komentar pada video Anda ( menu Komentar ), dan siapa yang dapat menyebutkan dan menandai Anda ( Sebutan dan tag ). Ada juga opsi untuk mengontrol siapa yang dapat menambahkan kiriman Anda ke cerita mereka, dan siapa yang dapat melihat video yang Anda sukai.

Sodikin.com - Cara memaksimalkan TikTok, Begini trik-nya.

Kang Sodikin
Seorang blogger pemula dan penggemar fotografi makro. Belakangan, meski terbilang terlambat, sejak tahun 2017 mulai menekuni dunia blogging. Kang Sodikin suka berbagi informasi tentang banyak hal. Pengalaman pribadi dan dari hasil baca-baca dishare melalui blog sodikin.com ini. Mempunyai motto hidup "sekecil apapun, hidup harus memberi manfaat kepada orang lain"
Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Semoga komentar Anda berdampak pada kebaikan.