Skip to main content
Kang Sodikin

follow us

5 Trik Agar Anak Magang Bisa Langsung Kerja

5 Trik Agar Anak Magang Bisa Langsung Kerja. Ketika sampai di akhir kuliah, Anda disuruh melakukan magang di suatu perusahaan. Jika dengan sungguh-sungguh melakukannya maka Anda dapat belajar banyak hal dan tentu saja menjadi terlatih dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

Jika memungkinkan, Anda lebih baik memilih perusahaan yang terbaik yang dapat memberikan manfaat bagi perkembangan karier Anda di waktu-waktu yang akan datang. Bila memang rejekinya, Anda bisa langsung bekerja di perusahaan tempat Anda magang setelah lulus nanti.

Sayangnya, dalam kenyataannya tidak ada jaminan apapun ketika magang di sebuah perusahaan nantinya juga akan bekerja di situ juga. Atau anak magang pasti selalu mendapat pekerjaan yang mudah, tidak jua. Bahkan, lambatnya anak magang menerima instruksi justru dapat menyebkan mentor menjadi jengkel.

Meski tanpa jaminan apapun, tentu saja Anda semestinya tidak menyia-nyiakan waktu dan kesempatan magang. Saatnya Anda menunjukkan potensi dan kemampuan diri dengan bekerja keras dan cerdas agar dipandang sebagai calon karyawan terbaik dan pantas berada dalam daftar prioritas ketika perusahan membuka rekrutmen tenaga kerja.

Harapannya, pada saat masa magang telah selesai, manajer akan menyampaikan kepada Anda, ”Jika sudah lulus nanti, kembalilah ke perusahaan ini. Kami membutuhkan orang-orang seperti Saudara”

5 Trik Agar Anak Magang Bisa Langsung Kerja


Di bawah ini adalah cara-cara jitu yang masuk 5 trik agar anak magang bisa langsung langsung kerja sebagaimana dilansir Qerja, pada Sabtu (2/2/2019).

1. Datanglah lebih awal, dan bukan datang tepat waktu

Keterlambatan merupakan hal yang tidak disukai oleh siapa pun. Keterlambatan adalah hal buruk terutama bagi orang yang keberadaannya cuma magang. Kondisi begitu akan menghadirkan kesan bahwa Anda tidak mampu menghargai waktu yang sangat berguna, atau Anda adalah orang yang tidak dapat datang tepat waktu.

Tentu saja para manajer menginginkan para karyawannya datang tepat waktu di setiap harinya. Namun, Anda juga harus menjaga untuk tidak menampakkan wajah yang lelah ketika sampai di kantor tepat waktu.

Nah, sebagai anak magang maka sebaiknya datang lebih pagi atau setidaknya lima menit sebelum para karyawan datang. Hal itu merupakan usaha paling simple yang bisa dilakukan dalam rangka menunjukkan kepada calon atasan bahwa Anda adalah orang yang mempunyai tanggung jawab dan juga perhatian pada waktu dan pekerjaan.

2. Ciptakan pekerjaan Anda sendiri

Mendasarkan pada sifatnya, magang tidak selamanya diterminologikan dengan baik. Coba pikirkan: Bagaimana mungkin fungsi penting dari suatu pekerjaan diisi oleh seseorang yang cuma mempunyai sedikit pengalaman kerja. Seseorang yang datang dan pergi begitu saja? Maka pahamilah bahwa anak magang tidak akan meng-handle tugas-tugas penting perusahaan.

Perusahaan yang sudah besar dan mapan sudah pasti mempunyai program yang berguna untuk memastikan bahwa orang yang magang akan memberikan kontribusi dan mampu belajar. Namun, orang yang magang hanya di perusahaan yang lebih kecil umumnya pekerjaannya lebih bersifat project-based atau pekerjaan yang berbasis kerja proyek.

Jadi, bila Anda magang di sebuah perusahaan kecil, maka perhatikan nasihat bijak ini: bersedialah untuk melakukan tugas apa pun guna memperoleh sesuatu yang diharapkan. Tidak peduli seberapa kecil atau besar tugas tersebut. Jika perlu, ketuk pintu setiap ruangan dan masuk ke dalamnya. Kemudian tanyakan kepada setiap pegawai yang ada, “Apakah ada yang bisa saya bantu?” Bisa jadi terdapat pegawai yang mempunyai daftar dan rangkaian tugas yang harus diselesaikan dalam waktu yang singkat dan membutuhkan bantuan.

Baca juga: Mau Jual HP, Perhatikan dulu 5 Hal ini

3. Tunjukkan kemampuan yang belum diakui

5 trik agar anak magang bisa langsung kerja yang ketiga adalah menunjukkan kemampuan yang tersembunyi. Atasan di kantor tempat magang tentu menginginkan Anda menyelesaikan pekerjaan seseuai dengan petunjuk mentor atau bahkan melampauinya. Anda harus mampu melakukan tugas dengan sangat baik, lebih dari sekadar tepat waktu dan apa adanya. Anda harus cek dan recek akan akurasi hasil pekerjaan yang sudah dilakukan dua atau tiga kali. Tenambahkan analisis dan korelasikan tugas dengan kondisi terkait. Dengan begitu, Anda akan memperoleh nilai tambah dengan maksimal dari atasan.----

4. Bijak dalam menggunakan ponsel

Anda perlu untuk melihat ke masa silam, dimana masyarakat bekerja dengan sangat baik. Mereka fokus pada pekerjaan selama bekerja. Roda perdagangan terlihat terus berjalan. Mereka tidak terganggu dengan gadget. Ya, mereka sangat fokus pada pekerjaannya msing-masing karena ketika itu belum ada smartphone.

Coba bandingkan, orang-orang zaman sekarang banyak yang tidak fokus bekerja. Mereka sangat kesulitan untuk melepaskan ponsel dari tangan meski sedng banyak pekerjaan.

Belajar dari itu semua, Anda perlu membatasi penggunaan smartphone. Dan Anda harus bisa menahan diri untuk meng-upload sesuatu di media sosial pada saat mengerjakan sebuah tugas, membalas pesan teks, dan menelepon ketika waktu masih berada pada jam kerja.

5. Network

5 trik agar anak magang bisa langsung kerja yang terakhir adalah networking. Kemampuan untuk membangun jejaring atau network mempunyai peran besar bagi Anda yang masih magang. Networking yang sudah terbangun dengan baik bisa dimanfaatkan untuk mengumpulkan banyak informasi, menyusun daftar kontak, dan menbangun image untuk membuat orang-orang tekesan kepada Anda. Dampaknya, siapa pun akan bersedia meluangkan waktu selama 30 menit dalam sehari untuk menjumpai Anda.

Baca juga: Cara Memperbaiki Masalah Jam Carriage Printer Canon

Anda harus ingat, sesudah memperoleh tempat magang yang baik, tugas Anda selanjutnya adalah menunjukkan kemampuan kepada atasan. Hal itu merupakan alasan yang tepat bahwa perusahaan memang layak mempertahankan Anda untuk terus bekerja di perusahaan. Teruslah menunjukkan effort terbaik dan juga tekad terbesar Anda. Dengan demikian, perusahaan akan mempunyai alasan untuk merekrut Anda.

Demikian info dari Kang Sodikin tentang 5 trik agar anak magang bisa langsung kerja. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel