Beberapa Hal Sepele Yang Dapat Menimbulkan Penyakit

Catatan Kang Sodikin tentang beberapa hal sepele yang dapat menimbulkan penyakit. Terlalu lama duduk. Begadang.
Kang Sodikin
Kesehatan merupakan salah satu bagian penting dan harus dimiliki oleh setiap orang. Selain itu kesehatan juga merupakan salah satu bagian yang dapat menentukan kinerja tubuh anda. Jika kinerja tubuh anda berkurang atau menurun, itu berarti kesehatan anda berkurang dan perlu istirahat secara total untuk memulihkan kesehatan. Sebaliknya, apabila kinerja tubuh anda meningkat atau stabil itu berarti kesehatan anda terjaga dengan baik. Tidak hanya itu, jika kesehatan anda terjaga dengan baik maka stamina yang di hasilkan oleh tubuh pun semakin besar.

hal-sepele-penyebab-sakit

Maka dari itu kesehatan adalah nomor 1 dalam peranan tubuh manusia. Namun sepertinya kesehatan tidak lengkap apabila belum ada yang namanya pola hidup sehat. Ya, pola hidup sehat itu sangatlah penting. Apabila benar - benar ingin menjaga kesehatan tubuh anda, anda juga harus memiliki pola hidup sehat.

Pada zaman sekarang, orang - orang kurang memperhatikan pola hidup sehat dan lebih memilih untuk berkehidupan dengan pola yang sembarangan. Ya, orang - orang pada era atau zaman sekarang memiliki pola hidup yang sangtlah tidak teratur. Mulai dari lansia hingga anak - anak kecil pola hidup sekarang sangatlah berantakan. Hal ini terjadi karena seiring berkembangnya zaman menjadikan orang tidak mempedulikan kesehatannya. Padahal kesehatan mahal harganya.

Namun, semua orang sepertinya tidak lagi memerhatikan hal ini. Bukan hanya itu saja, pada zaman sekarang orang - orang lebih memilih untuk bermalas - malasan di rumah dari pada harus ber olahraga di pagi hari. Hal inilah yang menjadikan penghambat untuk memiliki pola hidup sehat dan mengancam kesehatan para orang - orang di luar sana.Pada zaman sekarang banyak makanan - makanan yang mengandung pengawet dan bahan - bahan kimia yang membahayakan tubuh. Maka dari itu, banyak tubuh manusia yang tercemar bahan kimia yang menyebabkan kesehatannya menurun dan juga pola hidupnya menjadi berantakan. Salah satu makanan pola hidup tidak sehat yaitu junk food. Junk food merupakan makanan cepat yang menggunakan bahan - bahan kimia dan juga bahan pengawet.

Dengan demikian, junk food sangat membahayakan kesehatan anda jika di konsumsi secara berlebihan. Makanan junk food sangat beragam mulai dari, kentang, burger, soft drink, dan lain - lain. Masih banyak orang yang menyamakan junk food dengan fast food, padahal pernyataan tersebut sangatlah berbeda. Jika Fast food merupakan makanan di hidangkan atau di buat dengan cara cepat baik itu bergizi ataupun tidak. Jadi antara Junk food dan Fast food sangatlah berbeda. Sangat di sarankan untuk menjauhi makanan Junk food. Tapi di sarankan juga untuk tidak terlalu sering mengonsumsi makanan Fast food juga karena semua Fast food belum tentu baik. Selain itu, makanan - makanan terdebut dapat menimbulkan penyakit. Bukan hanya makanan saja, namun banyak hal sepele lain yang menimbulkan penyakit.

Baca juga: Aku Dilantik Jadi Pengawas Madrasah

Namun sebelum kita membahas itu, apa sih sebenarnya penyakit itu?

Penyakit adalah suatu keadaan dimana tubuh kita terasa tidak nyaman atau mengalami malfungsi atau kesukaran terhadap orang yang dipengaruhinya. Terdapat beragam - ragam pemyakit yang menyerang tubuh kita. Ketika daya tubuh kita turun kita lebih mudah terserang penyakit. Walaupun begitu, kita juga dapat terserang penyakit saat daya tahan tubuh kita stabil. Penyakit ini bukan menyerang melalui daya tahan tubuh manusia melainkan melalui hal - hal sepele ini.

hal - hal sepele yang dapat menimbulkan penyakit


Berikut hal - hal sepele yang dapat menimbulkan penyakit :

Terlalu banyak menonton tv atau bermain gadget. Ya, menonton tv atau bermain gadget terlalu sering dapat membuat tubuh kita menjadi sakit. Hal ini dikarenakan otak kita merespond yang kita lihat secara cepat sehingga membuat kinerja otak kita menjadi lelah dan membuat daya tahan tubuh kita turun.

Terlambat makan. Terlambat makan juga dapat menyebabkan prnyakit karena ketika kita terlambat makan, metabolisme tubuh kita akan melambat dan membuat tubuh menjadi lemas. Selain itu terlambat makan dapat menyebabkan asam lambung kita naik.

Makan di saat tidak lapar. Hanya memakan cemilan atau makanan ringan tubuh anda akan mengalami obesitas karena hal ini menyebabkan kelebihan karbohidrat dan membuat tubuh anda menjadi terkena obesitas.

Baca juga: Ini dia Pola Hidup Sehat yang Wajib Kamu Ketahui

Terlalu lama duduk. Terlalu lama duduk juga dapat mengakibatkan obesitas dan penyakit diabetes tipe 2. Hal ini disebabkan jika hanya duduk terlalu lama tidak akan menyebabkan aktivitas yang menyebabkan terbakarnya kalori dan kalori pun akan semakin menumpuk yang menyebabkan obesitas dan diabetes

Begadang. Begadang dapat membuat kita menjadi sakit karena tidak teraturnya keseharian kita. Keseharian kita tidak teratur karena setelah begadang biasanya kita akan tidur dengan waktu yang lama dan semua kegiatan kita menjadi mundur termasuk makan juga akan menjadi terlambat.

Nah dengan begitu anda harus tetap menjaga kesehatan dan pola hidup kalian supaya terhindar dari penyakit dan hal - hal yang tidak diinginkan. Sekian artikel tentang Beberapa Hal Sepele Yang Dapat Menimbulkan Penyakit, semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua.

Demikian Catatan Kang Sodikin tentang Beberapa Hal Sepele Yang Dapat Menimbulkan Penyakit.
Kang Sodikin
Seorang blogger pemula dan penggemar fotografi makro. Belakangan, meski terbilang terlambat, sejak tahun 2017 mulai menekuni dunia blogging. Kang Sodikin suka berbagi informasi tentang banyak hal. Pengalaman pribadi dan dari hasil baca-baca dishare melalui blog sodikin.com ini. Mempunyai motto hidup "sekecil apapun, hidup harus memberi manfaat kepada orang lain"
Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Semoga komentar Anda berdampak pada kebaikan.