Studi S2-ku Akhirnya Kuselesaikan

Studi S2-ku Akhirnya Kuselesaikan. Jika mempunyai kesempatan, setiap sarjana lulusan Strata 1 inginnya dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu studi pasca sarjana atau S2. Demikian juga dengan saya. Saya seorang lulusan Strata 1 di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang yang sekarang sudah berganti nama menjadi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Sebagai seorang sarjana S1, saya pun berkeinginan untuk dapat melanjutkan studi S2.

Tahun 2002, sesungguhnya kesempatan untuk melanjutkan studi lanjut ke jenjang S2 sudah pernah saya dapatkan. Saat itu saya tercatat sebagai mahasiswa pasca sarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada program studi Magister Hukum Islam. Namun sayangnya karena satu dan lain hal, studi S2 di UMY tidak dapat saya selesaikan. Sungguh sayang sekali.

Perlu diketahui bahwa saya adalah seorang guru madrasah yang sehari-hari berkecimpung dalam dunia pendidikan di bawah Kementerian Agama. Banyak suka dan duka tentu saja. Mulai dari harus berhadapan dengan berbagai karakter dan latar belakang peserta didik hingga sampai pada keharusan mengikuti perkembangan zaman dan kurikulum yang berlaku.

Pada tahun 2011, saya diangkat sebagai Kepala Madrasah definitif (Kepala Sekolah jika dibawah naungan Kementerian Pendidikan) di MTs Muhammadiyah 10 Purbalingga. Yang ternyata, ada dua orang guru saya yang sudah selesai studi pasca sarjana-nya. Dua-duanya bergelar Magister Pendidikan atau M.Pd. Satu orang guru bernama Oktavi Imam Sujendro lulusan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan seorang lagi bernama Yuni Eko Budi alumnus pasca sarjana IAIN Purwokerto.

Ketika tahu sudah ada guru yang lulusan studi pasca sarjana di MTs Muhammadiyah 10 Purbalingga maka seketika keinginan untuk kembali sekolah di pasca sarjana timbul. Sedikit perasaan malu melihat “anak buah” sudah S2 sementara saya masih S1 menambah semangat saya untuk melakukan studi lanjut.

Studi Pasca Sarjana S2 di IAIN Purwokerto


Setelah semangat untuk melanjutkan studi ke jenjang S2 muncul kembali maka kemudian saya mendaftarkan diri untuk menjadi calon mahasiswa S2 setelah musim pendaftaran tiba. Sesudah melakukan tes tertulis dan presentasi proposal bakal tesis, saya dinyatakan diterima dan resmi menjadi mahasiswa S2 Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Baca juga: 5 Tips dan cara mengatasi micro SD yang Rusak

Kuliah di pascasarjana IAIN Purwokerto saya lakukan dengan sungguh-sungguh dan bisa dikatakan tidak pernh mbolos meski cuaca sedang tidak bersahabat, hujan lebat dan guntur berderu keras. Ini saya lakukan karena malu kepada para peserta didik saya. Mereka setiap saat saya motivasi untuk sungguh-sungguh belajar apapun keadaannya termasuk meski sedang hujan lebat. Lha masak saya mau mbolos ketika hujan... namanya tidak konsisten dengan nasehat saya kepada para peserta didik dong! Jadi saya senantiasa berangkat dan melakukan kegiatan perkuliahan dengan baik.

Setelah mengalami proses panjang, akhirnya pada tanggal 17 Desember 2018 saya dinyatakan lulus dari studi pascasarjana di IAIN Purwokerto dan berhak menyandang gelar Magister Pendidikan atau M.Pd. di belakang nama saya. Ada perasaan luar biasa senang dan gembira karena di tengah-tengah kesibukan saya menjadi Kepala Madrasah, aktifitas sosial keagamaan, menjadi fasilitator USAID Prioritas, Assesor kenaikan pangkat rekan-rekan guru di Purbalingga dan berbagai kegiatan yang lain, saya bisa lulus S2.

Baca juga: Instagram Ijinkan Banyak Akun dengan 1 Akun Utama

Saya dinyatakan lulus dari Program Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Purwokerto setelah berhasil mempertahankan tesis saya yang berjudul : Manajemen Keuangn Pendidikan Gratis di MTs Muhammadiyah 1 Purbalingga dengan predikat kelulusan SANGAT MEMUASKAN.

Demikain rekan-rekan pembaca, berbagi saya tentang keberhasilan saya menyelesaikan sttudi lanjut pascasarjana atau S2. Semoga apa yang saya lakukan bisa menginspirasi rekan-rekan blogger. Semoga

Reaksi:

Related Post

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments