Skip to main content
Kang Sodikin

follow us

5 Tips dan cara mengatasi micro SD yang Rusak

5 Tips dan Cara Mengatasi Micro SD yang Rusak atau tidak terbaca. Walaupun kapasitas penyimpanan atau storage internal di smartphone sekarang ini sudah semakin besar, tetapi pembaca setia Kang Sodikin akan tetap memerlukan kartu memori tambahan atau eksternal memori atau biasa disebut dengan Micro SD. Terlebih setelah kapasitas Micro SD terus mengalami peningkatan dari yang semula hanya 4 GB sekarang sudah sampai 512 GB.

Selain itu bagi para fotografer, micro SD umumnya dimanfaatkan untuk menyimpan hasil fotogarfi ataupun videografi.

Lalu, bagaimana bila Micro SD yang sangat penting bagi Rekan-rekan ternyata tidak terbaca atau bahkan mengalami rusak? Kali ini Kang Sodikin akan memberikan 5 tips dan cara mengatasi Micro SD yang Rusak seperti yang dilansir dari laman Gadgets Now, pada Jumat (8/2/2019).

5 Tips dan Cara Mengatasi Micro SD yang Rusak


Berikut ini adalah tips atau cara yang mengatasi micro sd yang rusak atau tidak terbaca:

1. Cek via Smartphone

Sebelum Rekan-rekan keluar rumah untuk membeli memory card baru, seharusnya Rekan-rekan Kang Sodikin mengecek terlebih dahulu Micro SD di smartphone yang lain. Hal itu perlu dilakukan agar benar-benar diketahui apakah Micro SD sudah rusak ataukah tidak.

2. Bersihkan SD Card

Cara kedua untuk memperbaiki kartu memori yang rusak atau tidak terbaca adalah dengan membersihkan SD Card bersangkutan dengan menggunakan cotton buds. Cara ini dapat Rekan-rekan lakukan bila SD Card tetap saja tidak terbaca ketika dicek di smartphone yang lain.

Rekan-rekan sebaiknya mencoba membersihkan plat besi berwarna kekuningan secara perlahan yang terdapat di kartu memori hingga nampak bersih. Sesudah itu Rekan-rekan bisa mencobanya lagi di smartphone Rekan-rekan.

3. Cek di PC atau Laptop

Cara ketiga ini juga layak dicoba jika tips pertama dan kedua dalam mengatasi kerusakan sd card tidak berhasil.

Baca juga: Instagram Ijinkan Banyak Akun dengan 1 Akun Utama

Pertama, tentu saja Rekan-rekan perlu menyambungkan smartphone ke PC-personal computer. Sesudah itu, Rekan-rekan cukup dengan mengubah Media Transfer Mode (MTP) ke Mode Mass Storage (MSC). Selanjutnya, bukalah Explorer dan klik kanan pada drive SD Card. Dan berikutnya, klik Properties > Tools > Error Checking. Tunggu sesaat hingga proses tuntas dan Rekan-rekan dapat mengecek lagi di smartphone milik Rekan-rekan.

4. Format di Android

Cara ini sesungguhnya sangat tidak dianjurkan, sebab formating akan membuat data-data penting milik rekan-rekan yyang tersimpan di dalamnya hilang. Namun, bila tak ada personal data penting dalam SD Card tersebut atau Rekan-rekan menghendaki memori card-nya balik normal secara cepat, Rekan-rekan bisa saja melakukan formating pada memory card yang Rekan-rekan miliki.

Jika memang ingin melakukannya, maka langkah pertama adalah Rekan-rekan membuka daftar menu dan menuju menu Settings + Storage + Portable Storage dan selanjutnya pilih drive SD Card. Lalu Rekan-rekan bisa secara langsung melakukan formating pada External Memory Card dengan cara memilih pilihan Format + Erase and Format.

5. Format via PC/Laptop

Tips dan cara terakhir memperbaiki atau mengatasi Micro SD yang rusak atau tidak terbaca adalah memformatnya melalui PC atau laptop. Bila Rekan-rekan masih menyimpan data-data penting di dalamnya dan masih memungkinkan, cobalah untuk membuat backup data terlebih dahulu. Selanjutnya, Rekan-rekan hanya perlu menghubungkan micro sd, memori card atau SD Card ke Card Reader yang sudah disambungkan ke Laptop atau Personal Computer Rekan-rekan.

Baca juga: 5 Trik Agar Anak Magang Bisa Langsung Kerja

Sesudah itu, pilih menu Explorer terus klik kanan di bagian drive SD Card dan pilih saja opsi Format. Hasilnya, micro sd, memori card atau SD Card Rekan-rekan sudah terformat dan bisa digunakan lagi layaknya pertama kali digunakan.

Demikian, 5 Tips dan cara mengatasi micro SD yang Rusak. Harapannya, cara-cara dan tips yang disajikan Kang Sodikin di sini benar-benar bisa memperbaiki micro sd, memori card atau SD Card Rekan-rekan yang rusak atau tidak terbaca.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel