Skip to main content
Kang Sodikin

follow us

Manfaat Cuka Apel Untuk Tubuh Manusia

Apa sih cuka apel itu? Mungkin bagi kalian yang hobbi memasak sudah tidak asing lagi dengan yang namanya cuka apel. Namun bagi yang belum familiar dengan cuka apel, kami akan bagikan apa sih cuka apel itu? Dan apa sih manfaat nya bagi tubuh kita apabila kita mengkonsumsinya?

Seperti namanya, cuka apel merupakan cairan yang bahan utamanya adalah apel yang kemudian diambil sari nya, kemudian sari apel tersebut di fermentasi. Zat gula yang di kandung oleh sari apel tersebut kemudian berubah menjadi asam asetat.

Cuka apel mengandung banyak sekali mineral-mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita, antara lain yaitu Natrium, Kalium, Fosfor, Klorida, Kalsium dan Magnesium, selain itu cuka apel mengandung Tembaga, Flour, Vitamin A, B1, B2, B6, C, dan E, serta masih banyak lagi kandungan dari cuka apel ini. Maka banyak sekali kita jumpai pengobatan-pengobatan yang bahan utamanya adalah cuka apel.

Lalu apa sih manfaat dari cuka apel itu sendiri? Oke di artikel kali ini kita akan membahas satu per satu manfaat yang terkadung dalam cuka apel, berikut manfaatnya :

Membantu Menurunkan Berat Badan

Percaya nggak sih kalau cuka apel dapat membantu menurunkan badan? Mungkin banyak yang bertanya-tanya apakah benar cuka apel bisa menurunkan berat badan? Namun faktanya, sesuai penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli gizi mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi cuka apel sebanyak dua sendok makan sebelum makan besar akan membantu kalian dalam menurunkan berat badan.

Nah untuk kalian nii para ladies, kalian bisa menambahkan cuka apel kedalam program diet kalian. Namun jangan jadikan cuka apel sebagai focus utama untuk mengecilkan perut. Tapi juga harus dibarengi dengan pla hidup yang sehat dan pola makan yang teratur, dan jangan lupa berolahraga.

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa buah apel merupan buah yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Meskipun buah apel telah di fermentasi menjadi cuka, namun manfaat yang terkandung untuk menurunkan darah tinggi masih dapat kita rasakan dengan mengonsumsi cuka apel ini.

Meredakan Penyakit Rematik

Rematik merupakan penyakit yang terjadi di persendian manusia, zat asam yang berada pada persendian tersebut menyebabkan terganggunya kekuatan pada tulang. Namun dengan mengkonsumsi cuka apel ini secara teratur dapat membantu kamu mengurangi atau bahkan menyembuhkan penyakit rematik kamu. Kandungan magnesium pada cuka apel bermanfaat sebagi perekat antara fosfor dan kalsium pada tulang, oleh karena itu, cuka apel juga bisa mencegah osteoporosis dan perapuhan tulang.

Menghilangkan Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah besar bagi para remaja, namun kalian tahu nggak sih dengan menggunakan cuka apel dapat mengurangi atau menyembuhkan jerawat lhoo.

Kandungan asam malat dalam cuka apel memiliki fungsi untuk mencegah jamur dan dan bakteri. Jadi dengan menggunakan cuka apel kalian dapat mengatasi masalah besar yang sering dihadapi oleh remaja.

Mengatasi Kulit yang Terbakar Matahari.

Pasti kalian pernah merasakan kulit terbakar ketika liburan di pantai kan? Cuka apel memiliki manfaat untuk mengatasi kulit terbakar. Kandungan asam cuka yang dapat mengatur pH dalam kulit dapat membantu kita mengurangi rasa perih ketika kita terkena paparan matahari langsung.

Mengatur Kadar Gula Dalam Darah

Manfaat cuka apel yang paling dikenal adalah mampu mengatur kadar gula dalam darah. Terutama bagi para penderita diabetes, mengatur gula darah sangatlah penting. Dan salah satu pengontrol gula darah yang mudah kita jumpai adalah cuka apel.

Baca juga: Obat Diabetes Alami

Dengan mengonsumsi cuka apel sebelum makan, maka dengan itu dapat menghambat atau memperlambat proses pelepasan gula pada makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Dalam penelitian di ungkap bahwa cuka apel dapat menurunkan kadar gula darah orang diabetes tipe 2 sebanyak 6 persen. Tapi harus digunakan dengan metode dan aturan pakai yang sudah disarankan oleh dokter.

Menghilangkan Bau Badan

Kadang kita merasa malu atau kurang pede karena bau keringat yang dihasilkan ketika kita beraktivitas. Tapi tenang, kalian dapat menggunakan cuka apel sebagai deodoran yang dapat membantu membunuh kuman penyebab bau badan.

Baca juga: Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan

Yaitu dengan membersihkan ketiak menggunakan kapas yang telah dicelupkan kedalam cuka apel setiap pagi sebeblum beraktifitas. Lakukan rutin setiap hari untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

Mengatasi Diare

Kandungan pectin pada cuka apel dapat membantu mengatasi diare, karena zat pectin ini memiliki fungsi untuk melapisi lapisan usus yang mengalami peradangan. Cara menggunakannya yaitu dengan memasukkan 2 sendok makan cuka apel kedalam 1 gelas air putih, dan minum campuran itu tiga kali sehari.

Itulah beberapa manfaat dari cuka apel, masih banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari cuka apel ini. Daripada menggunakan pbat-obatan yang mengandung bahan kimia, mending kita menggunakan bahan herbal yang sangat mudah kita jumpai dan harga yang terjangkau ini.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel