7 Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan. Kesehatan adalah kondisi stabil atau umum pada jiwa raga manusia. Jadi bukan hanya sehat secara jasmani saja, namun juga sehat dalam rohani yang artinya yaitu sehat secara psikis dan biologis. Maka dari itu, kesehatan sangatlah penting bagi manusia. Jika kita tidak sehat, maka kinerja kita dapat turun secara drastis bahkan hingga dalam posisi drop.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan sangatlah penting bagi tubuh kita. Sebab itulah ada pepatah mengatakan sehat itu mahal harganya, memang benar pepatah ini. Jika kita sedang sakit, kita akan merasakan arti pepatah ini. Lebih baik mencegah dari pada mengobati.

manfaat-lari-pagi-untuk-kesehatan

Banyak cara untuk menjaga kesehatan serperti menjaga pola makan kita sehari - hari. Pola makan kita juga harus tetap terjaga supaya badan tetap fit agar tetap dapat melakukan segala kegiatan atau aktivitas sehari - hari. Kesalahan pada pola makan dapat merusak sistem kekebalan tubuh juga. Memperbanyak makanan junk food dapat membuat tubuh menjadi tidak sehat dan bahkan akan membuat tubuh menjadi obesitas dan berakhir dengan penyakit jantung.

Selain itu, obesitas juga akan menyebabkan beberapa penyakit meliputi diabetes, kolesterol, dan masih banyak lainnya. Selain menjaga pola makanan anda, anda juga harus menjaga pola hidup anda. Pola hidup dalam artian yaitu seperti kehidupan anda haru di tata dengan teratur. Contohnya seperti waktu tidur anda harus teratur dan cukup. Jangan sering - sering begadang karena akan membuat pola tidur anda menjadi berantakan. Hal ini dapat menjadi penyakit, sebab jika anda sering begadang anda akan tidur dengan waktu yang lama dan pola makan anda menjadi berantakan juga. Pola makan yang berantakan dapat membuat asam lambung anda naik.

Selain itu terlambat makan ini akan membuat sistem metabolisme tubuh anda menurun jadi tubuh anda akan merasakan lemas. Kecuali menjaga pola makan dan pola hidup, anda juga harus menjaga kesehatan dengan berolahraga dengan teratur. Dengan olahraga secara teratur akan menbuat tubuh anda menjadi sehat.

Olahraga adalah suatu bentuk aktivitas fisik yang bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Dengan demikian olahraga ini sangatlah di butuhkan untuk kesehatan tubuh. Selain itu olahraga bukan hanya menyehatkan, namun banyak manfaat lainnya seperti membuat hati menjadi cerah dan juga membuat raut wajah menjadi ceria dan nampak lebih muda.

Hal ini dikarenakan dengan olahraga dapat mengencangkan kulit wajah dan sekitarnya dan membuat kulit anda kencang dan tampak lebih muda dari lainnya. Tidak hanya itu, dengan olahraga juga dapat membantu pembentukan badan dan juga mempercepat pertumbuhan badan.

Banyak olahraga yang membantu untuk anda selalu sehat dan juga dapat membentuk tubuh anda menjadi sixpack. Selain itu banyak olahraga yang dapat membantu anda untuk mengecilkan badan seperti sit up, push up, dan lain sebagainya. Olahraga - olahraga inilah yang sangat membantu untuk menjaga kesehatan anda.

Baca juga: Beberapa Hal Sepele Yang Dapat Menimbulkan Penyakit

Namun ada salah satu olahraga yang sangat mudah dilakukan dan sangat dinikmati masyarakat. Yaitu olahraga lari, lari sangat efektif untuk menjaga kesehatan anda dan juga mengecilkan badan anda. Lari lebih efektif di pagi hari karena sejuknya udara yang belum tercemar dan juga pancaran sinar matahari yang belum begitu menyengat akan membuat lari anda menjadi sangat ceria.

7 Manfaat Lari bagi Tubuh


Banyak sekali manfaat lari bagi kesehatan tubuh anda. Berikut manfaat lari pagi bagi kesehatan :
  1. Dapat mengurang kolesterol dalam tubuh, hal ini dikarenakan lari pagi dapat menghancurkan kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh kita.
  2. Terhindar dari penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kolesterol yang hancur saat kita lari pagi dapat menekan resiko terjadinya penyakit jantung
  3. Membakar kalori. Lari pagi dapat membakar kalori pada tubuh, hal ini dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan pada tubuh
  4. Memperkuat tulang. Lari pagi juga bisa bermanfaat untuk memperkuat tulang karena tulang kita akan terbiasa banyak bergerak dengan begitu tulang - tulang kita akan menjadi kuat.
  5. Memperbaiki kualitas tidur. Melakukan lari pagi secara rutin dapat memperbaiki kualitas tidur anda. Jika anda sering melakukan begadang, lebih baik perbanyak lari pagi untuk memperbaiki kualitas tidur anda
  6. Melatih pernafasan. Dengan lari pagi, kamu juga bisa melatih pernafasan. Lari pagi sangat membantu anda dalam melatih pernafasan karena lari pagi dapat membuat nafas anda menjadi lebih kuat dan sangat terlatih untuk bernafas panjang.
  7. Menambah stamina tubuh. Dengan lari pagi tubuh anda menjadi bugar dan lebih fit kembali, hal itu menyebabkan stamina dalam tubuh akan meningkat dan membuat anda menjadi lebih semangat lagi saat menjalani aktivitas atau kegiatan anda.
Baca juga: Aku Dilantik Jadi Pengawas Madrasah

Nah sangat bermanfaat bukan? Dengan olahraga yang rutin dan menjaga pola makan serta pola hidup yang sehat maka tubuh anda akan terjamin kesehatanya. Sekian artikel tentan Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan, semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua.

Demikian Catatan Kang Sodikin tentang 7 Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan. Semoga bermanaat.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya