8 Cara Menjaga Kesehatan Bibir Secara Alami. Mempunyai bibir yang indah dan halus adalah dambaan semua wanita. Selain rambut, bibir juga bisa menjadi daya tarik bagi seorang wanita sehingga bibir juga sangat diperhatikan oleh para wanita.

Tak jarang bibir para wanita di hiasi dengan warna lipstik agar lebih menarik. Tapi tahukah kalian para wanita, warna bibir itu dapat menunjukan kondisi kondisi tertentu.

8-cara-menjaga-kesehatan-bibir-secara-alami

Maksud 8 Perubahan Warna Alami dan Kondisi Bibir


Baik, sebelum membahas tentang 8 Cara Menjaga Kesehatan Bibir Secara Alami, ada baiknya kita tahu dulu tentang 8 perubahan warna bibir alami dan kondisi bibir yang ternyata adalah menunjukkan kondisi tertentu. Apa saja kah itu?

1. Bibir berubah warna menjadi gelap

Perubahan warna menjadi agak gelap ini dikarenakan mungkin anda adalah seorang perokok. Kandungan zat zat kimia yang berbahaya ini akan membuat warna bibir anda menjadi gelap. Namun jika anda bukan seorang perokok, maka yang mungkin:
  • Anemia. Anemia adalah suatu kondisi kesehatan akibat dalam tubuh kekurangan hemogoblin. Zat hemogoblin atau sel darah merah ini memberikan warna merah pada bagian tubuh termasuk di bibir.
  • Keracunan zat logam dalam kosmetik. Perhatikan kosmetik yang anda gunakan. Apakah menggunakan bahan bahan yang berbahaya atau tidak. Apakah menggunakan bahan bahan yang aman atau tidak.
  • Hiperpigmentasi. Hal ini terjadi karena anda terlalu lama terkena panas sinar matahari. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan tabir surya khusus agar tidak terjadi perubahan warna pada bibir anda. Baca juga: 3 Aplikasi untuk bisa menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP
2. Bibir pecah pecah

Apa yang terlintas dalam pikiran anda jika mendengar bibir pecah pecah? Mungkin yang terlintas dipikiran anda adalah kurang minum. Tapi bibir pecah pecah tak hanya karena kurang minum, beberapa penyakit ditandai dengan bibir pecah:
  • Pellagra. Dalam kondisi ini anda mungkin kekurangan vitamin b3 atau juga niasin. Biasanya gejala gejala nya seperti diare, bibir kering dan masalah kulit gatal gatal berwarna kemerahan.
  • Angular Chelitis. Dalam kondisi ini ditandai dengan bibir pecah pecah dan produksi air liur akan berkurang. Gunakanlah pelembab bibir dapat mengatasi bibir pecah pecah ini.
3. Bibir membengkak

Apakah penyebab dari bibir membengkak? Biasanya hal ini terjadi karena bibir anda alergi terhadap sesuatu misalnya makanan, obat-obatan dan mungkin juga kosmetik.

Akan tetapi, terkadang bibir yang membesar atau membengkak terjadi karena peradangan atau infeksi yang terjadi.

4. Bibir berubah menjadi pucat

Bibir yang berubah menjadi pucat ini biasanya diikuti dengan pucat juga pada permukaan kulit. Dalam kondisi ini mungkin anda terkena penyakit seperti anemia, adanya masalah pada jantung dan pembuluh darah, dan hipoglikemia.


Selain hal yang sudah disebutkan di atas ada juga tanda tanda di bibir yang dapat menunjukan mungkin anda terkena masalah kesehatan lainnya. Apakah saja itu? Oke langsung cek aja

5. Luka terasa dingin atau melepuh

Jangan remehkan hal ini. Hal ini bisa menunjukan jika anda terkena geljala virus herpes simpleks. Virus ini tidak bisa hilang dan gejalanya mungkin tidak terlihat. Jika luka lebih dari 2 minggu, segeralah periksakan ke dokter.

6. Bibir terbakar

Hal ini mungkin terjadi karena kerusakan pada saraf. Untuk mengurangi rasa sakit, anda bisa mengoleskan salep.

7. Bibir seperti bersisik

Hal ini karena anda mungkin sering menjilati bibir dan bisa juga karena udara yang kering. Berhentilah jika anda punya kebiasaan menjilati bibir anda. Karena di bibir paling sedikit minyak daripada bagian kulit yang lain.

8. Bibir retak retak

Ada beberapa penyebab bibir anda retak retak. Jika anda mengalami ini sesekali, ini akibat cuaca yang dingin. Tapi jika sering, ini bisa sebagai tanda anda terkena diabetes.

Cara Menjaga Kesehatan Bibir Secara Alami


Ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan bibir anda. Salah satunya dengan cara yang alami. Artinya tidak dengan bahan kimia yang mungkin malah dapat membahayakan bibir anda. Apa sajakah itu? Oke langsung cek aja.

1. Menyikat bibir secara perlahan

Menyikat bibir ini mungkin bisa anda lakukan, karena dapat mengangkat sel sel kulit yang mati yang dapat membuat bibir menjadi hitam.

2. Konsumsi tomat

Mengonsumsi tomat sangat baik karena banyak mengandung vitamin C. Seperti yang diketahui, vitamin C sangat baik untuk kesehatan kulit dan bibir. Selain itu, dapat membuat bibir anda lebih lembut.

3. Mengonsumsi buah buahan serta sayur sayuran

Buah dan sayur sangat baik untuk kesehatan tubuh termasuk juga bibir. Seperti yang diketahui, buah dan sayur memiliki kandungan vitamin yang banyak dan baik untuk kesehatan.

Baca juga: 12 Macam Penyakit Jantung yang Wajib Diketahui

4. Konsumsi kentang

Kentang sangat bermanfaat bagi kesehatan bibir. Tapi pada ibu hamil perlu diperhatikan.

5. Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya kaya akan vitamin E. Nah, vitamin E dapat mengatasi kulit kering ataupun berminyak


6. Gunakan madu

Madu sangat bagus jika digunakan sebagai pelembab kulit termsuk juga bibir.

7. Dengan jeruk nipis

Jeruk nipis sangat banyak mengandung vitamin C yang bagus untuk kesehatan kulit.

8. Dengan buah mentimun

Mentimun ini dapat menyegarkan bibir anda.

Demikian catatan Kang Sodikin seputar 8 Cara Menjaga Kesehatan Bibir Secara Alami dan 8 perubahan warna bibir alami dan kondisi bibir yang ternyata adalah menunjukkan kondisi tertentu. Semoga bermanfaat.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya