Skip to main content
Kang Sodikin

follow us

Kenali Penyakit dari Kuku

Kang Sodikin - Kenali Penyakit dari Kuku. Salah satu bagian tubuh yang sering dilihat adalah kuku. Sehingga tidak sedikit para wanita merawat dan menjaga nya supaya tampilan mereka menjadi lebih menarik.

Tapi apakah sahabat sudah pernah memperhatikan kuku sendiri yang mengalami perubahan warna atau menemukant garis goresan? Hati-hati dan waspada ya sahabat, karena perubahan pada kuku bisa berarti bahwa terdapat sesuatu yang buruk atau salah yang sedang terjadi dengan tubuh dan kesehatan sahabat lho.

Maka sangat dianjurkan untuk sering memperhatikan kuku, apakah ada perubahan warna dan terdapat goresan garis?

Lalu, apa arti atau makna dari perubahan warna dan goresan garis pada kuku dan apa hubungannya dengan kesehatan?

Dilansir dari laman Shape, Kamis (10/1/2019), bahwa perubahan yang terjadi pada kuku merupakan early warning bagi siapapun tentang kesehatannya. Makanya, jangan anggap remeh ya sahabat.

Baca juga: 8 Cara Menjaga Kesehatan Bibir Secara Alami

Makna dan arti perubahan kuku bagi kesehatan


Sahabat, yuk kita kenali tanda-tanda kesehatan yang terdapat pada kuku. Dengan mengenalinya maka kita bisa memahami dan menentukan langkah tentang kesehatan kita. Kita juga menjadi tahu tentang kemungkinan penyakit yang ada pada kita sejak dini. Dengan mengetahui lebih cepat maka kita menjaga kesehatan kita, segera ke dokter untuk cek kesehatan, atau mugkin ke rumah sakit untuk general checkup.

Di bawah ini 6 perubahan kuku dan penjelasan mengenainya:

Kuku pucat

Bila warna kuku kita tampak pucat, maka kemungkinan besar kita sedang mengalami anemia yang ditandai dengan adanya jumlah sel darah merah merah kita yang rendah.

Menurut Shilpi Agarwal, MD, seorang dokter pengobatan holistik di Los Angeles, Amerika Serikat mengatakan bahwa anemia merupakan akibat kadar zat besi dalam darah kita yang rendah. Dengan menderita anemia maka berakibat pada kekurangan oksigen (O2) dalam darah. Dan karena itu maka kulit dan jaringan dalam tubuh kita menjadi pucat, terutama jaringan yang berada di bawah kuku.

Sahabat juga perlu tahu kalau kuku pucat juga dapat menjadi pertanda bahwa pemiliknya menderita diabetes dini dan/atau penyakit liver. Kedua penyakit ini bisa menyebabkan timbulnya gangguan aliran darah.

Ingat, "ketika didiagnosis sejak dini, maka diabetes seringkali dapat dikontrol dengan cara perubahan pola makan," jelas Dr. Agarwal.

Jauhi makanan olahan yang mengandung gula dan karbohidrat. Perbanyak konsumsi makanan yang lebih banyak mengandung serat, biji-bijian, dan sayuran. Dengan pola konsumsi seperti Ini maka akan menolong dalam menstabilkan kadar gula darah serta membatasi gangguan peredaran darah yang diakibatkan oleh tingginya kadar gula sehingga tidak terkontrol.

Kuku menguning dan menebal

Kuku yang berubah warna menjadi kuning tentu saja terlihat tidak cantik dan juga kotor. Ternyata kuku yang jadi menebal dan berubah warna kekuningan merupakan tanda adanya infeksi jamur. Dan perlu diketahui bahwa penggunaan obat dalam kasus ini biasanya sering tidak membantu karena infeksi tersebut berada di dasar kuku dan juga lempeng kuku.
Sahabat jika mengalami kuku menguning dan menebal maka dapat berkonsultasi kepada dokter sebelum semua luas kuku menjadi terinfeksi.

Garis gelap

Garis-garis vertikal yang berwarna hitam atau coklat gelap pada kuku jangan sampai diabaikan. Garis-garis berwarna hitam atau cokelat tua merupakan early warning atau peringatan dini. Hal itu bisa jadi sebuah tanda melanoma. Melanoma memerlukan deteksi dini dan perawatan intensif.

Melanoma termasuk salah satu jenis kanker. Yaitu merupakan satu jenis kanker kulit yang berbahaya karena bisa menyebabkan kematian. Pada mulanya kanker jenis ini ditandai berupa adanya titik atau garis berawarna coklat gelap.

Kuku rapuh dan tipis

Bila sahabat mempunyai jenis kuku yang tipis dan rapuh, itu artinya menjadi sebuah tanda bahwa tiroid sahabat ada masalah. Kelenjar yang letaknya di leher ini mengatur fungsi metabolisme, pertumbuhan dan energi.

Dan apabila hormon tiroid ini sangat sedikit bisa berakibat pada kuku rapuh dan tipis, serta pertumbuhan kuku yang lambat, dan rambut rontok.

Baca juga: 3 Aplikasi untuk bisa menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP

Gangguan pada tiroid ini juga bisa berakibat pada terpisahnya lempeng kuku dari dasar kuku. Bila mengalami hal ini, maka sahabat dapat melakukan tes darah dalam rangka memastikan apakah tiroid sahabat mengalami gangguan. Tentu jika bisa mendeteksi sejak dini kitar bisa mencegah dan mengobatinya dengan cepat.

Garis putih

Jika pada kuku terdapat garis putih horizontal maka itu bisa jadi sebuah indikasi bagi pemiliknya menderita kelainan hati, penyakit ginjal, atau kekurangan protein dan nutrisi yang lain.


Meski begitu, tidak semua tanda atau garis putih pada kuku sebagai pertanda penyakit ginjal. Bila garis putih di kuku ini pendek sangat mungkin itu hanyalah hasil dari adanya trauma di pangkal kuku. Hal ini umumnya bisa akan hilang dengan sendirinya dalam hitungan minggu atau mungkin bulan.

Kuku biru

Bila seseorang mengalami wajah yang biru maka itu adalah indikasi jelas bahwa seseorang sedang kekurangan aliran udara. Kondisi tersebut juga berlaku pada kuku. Jika kuku berwarna biru maka berarti juga kuku sedang tidak memperoleh cukup oksigen pada ujung jari.

Baca juga: 12 Macam Penyakit Jantung yang Wajib Diketahui

Kondisi tersebut bisa dikarenakan oleh penyakit pernapasan atau adanya masalah pada pembuluh darah yang biasa dinamakan dengan penyakit Raynaud, yaitu sebuah penyakit kelainan pembuluh darah yang sangatlangka.


Beberapa orang di dunia mempunyai gejala sirkulasi darah yang jauh lebih lambat dari orang lain, terlebih saat terpapar suhu dingin. Jika mengalami hal itu segeralah pergi kepada dokter guna memeriksakan darah dan tingkat oksigenasi bila kuku sahabat membiru terus-menerus.

Demikian informasi seputar Kenali Penyakit dari Kuku, arti atau makna dari perubahan warna dan goresan garis pada kuku dan hubungannya dengan kesehatan. Info kesehatan ini dipersembahkan oleh Kang Sodikin di sodikin.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel