Skip to main content
Kang Sodikin

follow us

Apa dan Mengapa Clean Sleeping?

Apa dan Mengapa Clean Sleeping? Permulaan tahun selalu identik dengan resolusi bagi kebanyakan orang. Mereka membuat harapan-harapan agar dalam menjalani menjalani hidup bisa lebih baik lebih baik di waktu-waktu yang akan datang.

Salah satu resolusi yang umum dibuat sebagai sebuah harapan adalah perubahan gaya hidup, yaitu gaya hidup yang lebih sehat. Tidak saja dari soal makanan ataupun rutinitas olahraga, hidup sehat pun harus pula memperhatikan masalah kualitas tidur. Maka adalah tindakan tepat ketika seseorang membuat resolusi clean sleeping di akhir tahun 2018 yang lalu.

Gwyneth Paltrow, salah satu ahli kesehatan, memberikan saran agar setiap orang-orang melakukan clean sleeping atau tidur bersih. Sebenarnya dalam beberapa tahun terakhir, kebiasaan clean sleeping ini sudah menjadi populer di sebagian masyarakat. Dan tidur bersih ini sesungguhnya tidak beda jauh dengan clean eating.

Apa itu clean sleeping atau tidur bersih ?


Clean sleeping adalah sebuah upaya yang lakukan seseorang dengan maksud untuk memperoleh paling sedikit tujuh atau delapan jam tidur yang bermutu atau berkualitas dalam setiap malamnya.

Jadi, clean sleeping atau tidur bersih berkaitan erat dengan masalah tidur berkualitas. Artinya, orang yang dapat melakukan clean sleeping berarti dia telah mempunyai tidur yang berkualitas. Sebaliknya, jika belum melakukan tidur bersih berarti tidurnya tidak berkualitas.

Mengapa perlu clean sleeping?


Mengapa harus melakukan clean sleeping atau tidur bersih? Pertanyaan yang bagus sahabat. Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya bahwa upaya mendapatkan clean sleeping adalah berkaitan dengan tidur yang berkualitas.

Baca juga: Parse HTML Code Online

Terkait dengan tifur berkualitas, Gwyneth mengatakan bahwa bila seseorang mempunyai kualitas tidur yang buruk maka dapat mengacaukan metabolisme dan juga hormon dalam tubuhnya. Jika sudah demikian maka akan berakibat pada terjadinya berat badan naik, memiliki suasana hati (mood) yang buruk, gangguan terhadap memori, dan juga kabut otak.

Sebaliknya, seseorang yang mempunyai kebiasaan tidur yang sehat bisa memengaruhi secara (memberi aura) positif pada kehidupan sehari-hari, energi tetap terjaga, suasana hati (mood) menjadi lebih baik, dan dapat membantu menumbuhkan kepercayaan diri atau self confidence.

Dampak melakukan clean sleeping atau tidur bersih


Sudah dijelaskan bahwa ini menyangkut tidur yang berkualitas. Maka terkait dengan dampak melakukan clean sleeping atau tidur bersih dapat menyimak pendapat Dr Nerina Ramlakhan, seorang pakar tidur. Menurutnya, sesudah seseorang berhasil tidur dengan nyenyak maka orang tersebut ketika bangun cenderung mempunyai perasaan segar dan bersemangat untuk menjalani kebiasaan rutinnya.

Jadi, pada dasarnya orang membutuhkan tidur sehat yang berarti bahwa seseorang membiasakan diri ke dalam serangkaian kebiasaan dan rutinitas yang sehat atau menjalani hidup yang teratur sebagaimana jarum jam.

Ritme sirkadian tubuh manusia tidak lebih dari sebuah konsistensi. Jadi, jika seseorang ada yang tidak bisa tidur pada jam 9 malam dan baru merasakan gantuk ketika jarum jam menunjukkan pukul 10 malam, maka selalu pastikan agar waktu tidur sama di setiap harinya. Rutinitas dan konsistensi yang dibangun seperti ini akan membikin perbedaan dan juga bisa menolong dalam membangun kebiasaan sehat.

Namun ada juga rekomendasi lain agar memperoleh tidur yang berkualitas yaitu dengan melakukan menenangkan diri, meditasi, atau pijat sesaat sebelum tidur. Dengan cara-cara seperti ini maka bisa menyebabkan tidur menjadi lebih nyenyak dan pada akhirnya menjadi tidur yang berkualitas.

Langkah mudah dan praktis melakukan clean sleeping


Terdapat beberapa langkah mudah dan praktis yang dapat dilakukan untuk mendapatkan clean sleeping. Langkah mudah dan praktis tersebut adalah sebagai berikut:

Pertama adalah dengan mengurangi penggunaan layar atau screen menyala di saat malam dan khususnya satu jam sebelum tidur. Sebagaimana telah diketahui bersama bahwa di zaman modern seperti saat ini banyak orang yang sulit untuk lepas dari gadgetnya.

Bila serius menginginkan memperoleh tidur nyenyak, maka siapapun harus stop untuk beraktifitas bersama smartphone atau gadget berscreen yang lain satu jam sebelum memulai tidur. Jauhkan dan letakkan gadget di luar kamar tidur.

Baca juga: 6 Cara Alami Menjaga Kesehatan

Lalu kalu membutuhkan alrm? Bagi yang memerlukan menyetel alarm pada jam tertentu maka dapat memanfaatkan jam beker.

Kedua, usahakan menciptakan kenyamanan. Satu hal yang penying untuk diingat bahwa jumlah jam tidur menjadi kurang berkualitas jika dilakukan dengan kondisi tidak nyaman.

Oleh karena itu, pastikan semua yang berkaitan dengan tidur dapat menciptakan rasa nyaman. Contoh adalah masalah tempat tidur. Ranjang dan ruangan secara keseluruhan harus dalam keadaan bisa menciptakan kenyamanan. Menggunakan sprei dan sarung bantal yang lembut termasuk salah satu cara membangun kenyamanan.

Namun, yang tidak kalah penting adalah pikiran, suasana hati, dan perasaan harus dalam kondisi fress, prasangka baik, dan tidak terbebani berbagai permasalahan. Sebagus apapun rungan tidur dan seempuk apapun tempat tidur menjadi tidak berarti jika kondisi pikiran, perasaan dan suasana hati tidak dalam keadaan baik. Mustakhil untuk bisa menciptakan clean sleeping atau tidur bersih.

Demikain artikel tentang tips clean sleeping atau tidur bersih persembahan Kang Sodikin di sodikin.com. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel