Apa Itu Pola Hidup Sehat dan Bagaimana Caranya

apa-dan-bagaimana-pola-hidup-sehatApa itu pola hidup sehat dan bagaimana caranya melakukannya? Hidup sehat adalah suatu kondisi tubuh yang dirasa seseorang terasa bugar dan tidak mengeluh kesakitan dan ganguan apapun. Setiap orang menginginkan untuk hidup serba berkecukupan serta selalu sehat. Akan tetapi banyak orang yang mengabaikan kesehatannya demi mencapai kesuksesan semata,.

Ada kiat yang menyatakan lebih baik hidup cukup tetapi sehat, daripada hidup serba mewah tetapi sakit – sakitan. Dari kiat tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa hidup itu harus memiliki kesehatan bukannya uang dan barang – barang yang mewah. Walaupun jika sakit kita harus menggunakan harta kita untuk mengobatinya, tetapi kita lebih baik mencegah penyakit daripada mengobati penyakit tersebut.

Kesehatan memang sangat sulit dan mahal untuk didapat akan tetapi jika kita selalu mencoba dan mempertahankan kesehatan kita akan mendapatkan kesehatan tersebut. Untuk sehat kita tidak harus makan makanan yang mahal, makan yang sederhana tetapi bergizi itu lebih penting, selain itu kita harus mejaga pola hidup tersebut, lalu apa itu pola hidup sehat?

Baca juga: Tanda Awal dan Cara Mencegah Kanker Mulut

5 Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat


Pola hidup sehat adalah suatu susunan atau pola hidup untuk mencapai dan mempertahankan hidup sehat. Lalu bagaimana cara untuk menerapkan pola hidup sehat?. Jika kalian membaca artikel ini kalian beruntung karena kami akan membahas mengenai cara menerapkan pola hidup sehat, berikut adalah uraiannya.

1. menjaga pola makan yang bergizi dan terpola.

Pola makan adalah hal yang utama untuk mencapai dan menjaga hidup sehat. Kita tidak perlu makan makanan yang mahal dan mewah, akan tetapi kita perlu untuk memperbanyak gizi disetiap makanan yang kita makan. Oleh karena itu kita perlu untuk menjaga pola makan dan asupan gizi kita. Berikut caranya.

  • buat jadwal pola makan kita dan melaksanakannya.

    Yang pertama untuk membentuk pola makan adalah membuat jadwal makan sesuai dengan kemampuan kita. Jika kalian sudah membentuk pola makan, maka kalian harus menaati jadwal pola makan yang telah kalian buat, jika kalian melaksanakannya sesuai jadwal dan terus menerus lama kelamaan kalian akan selalu terpola dalam mengatur pola makan.
  • makan makanan yang seimbang dan jangan berlebihan.

    Makan makanan yang seimbang sangat penting untuk kalian lakukan karena akan menyehatkan tubuh kalian. Kalian dalam sehari kalian harus menghitung kebutuhan tubuh kalian seberapa banyak asupan gizi yang harus diperoleh. Kalian juga dianjurkan untuk lebih banyak makan sayur dan buah untuk menjaga tubuh agar selalu fit. Kalian bisa terapkan metode kesehatan 4 sehat 5 sempurna yang telah populer. Kalian juga dapat kombinasikan makanan yang lainnya sehingga tidak monoton untuk kalian makan sehari – hari.
2. selalu berolahraga secara seimbang dan teratur.

Yang kedua adalah berolahraga secara seimbang dan teratur. Kalian harus melakukan kegiatan ini karena olahraga sangat penting untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan menjaga kesehatan. Kalian harus berolahraga minimal 2 kali dalam seminggu dengan durasi 1 – 2 jam untuk setiap olahraga. Olahraga tidak harus memilih olahraga yang berat dan mahal, kalian cukup berlari –lari kecil atau naik turun tangga yang ada dirumah. Intinya kita berolahraga sampai keluar keringat yang cukup jangan berlebihan karena dapat membuat tubuh kita menjadi kelelahan dan sakit, kalian cukup berolahraga sesuai dengan kondisi dan kebugaran tubuh.

Baca juga: Terapi DaRT untuk Sembuhkan Kanker ?

3. Memperbanyak minum air putih.

Kalian perlu untuk memperbanyak minum air putih karena tubuh kita terdiiri dari 70 % air, oleh karena itu kalian perlu untuk meminum air putih minimal sekitar 2 liter atau 8 gelas dalam sehari. Mengapa harus air putih?. Karena air putih dapat melarutkan endapan di ginjal sehinga dapat membantu kinerja ginjal secara optimal. Jangan terlalu banyak meminum minuman yang berwarna seperti soda, kopi, minuman yang berupa serbuk, minuman energi, dan yang sejenisnya.

4. Beristirahatlah dengan waktu yang cukup.

Kalian harus beristirahat yang cukup karena kita harus tidur selama minimal 6 jam setiap hari. Akan tetapi jika kalian tidur secara berlebihan juga dapat menimbulkan resiko sakit yang tinggi sehingga kalian perlu tidur selama 6 -8 jam sehari. Waktu yang tepat untuk tidur adalahsebelum jam 9 malam karena pada jam 9 – 12 malam lambung dan sistem pencenaan kita akan bekerja secara optimal dan lambung akan mengosongkan isinya, sedangkan pada pukul 12 – 03 pagi tubuh kita mengeluarkan racun – racun yang ada didalam tubuh kita. Oleh karena itu kita dianjurkan tidur pada antara pukul 9 - 10 malam untuk mendapatkan waktu yang tepat untuk tubuh kita.

Baca juga: Sakdiyah Ma'ruf: Wanita Inspiratif dan Berpengaruh 2018

5. kurangi stress anda.

Untuk sehat kita juga memerlukan untuk tidak stress. Oleh karena itu kita haru hidup secara harmonis dan kurangi stress anda. Sekian artikel yang kami buat semoga bermanfaat dan terima kasih.

Demikian penjelasan mengenai Apa Itu Pola Hidup Sehat dan Bagaimana Caranya?

10 Responses to "Apa Itu Pola Hidup Sehat dan Bagaimana Caranya"

  1. yah minimal saya sudah terapkan beberapa poin meskipun belum semuanya

    ReplyDelete
  2. bermanfaat pak! makasih udah di share!
    *jangan lupa mampir ya AORLIN(.)com
    #sukses terus pak! :)

    ReplyDelete
  3. saya olahraga kurng sekali om....slalu beraktifitas d depan komputer membuat jarang berolahraga

    www.batangkayu.com

    ReplyDelete
  4. Bermanfaat tulisannya buat hidup sehat. Terima kasih.

    www.mangobox.id

    ReplyDelete
  5. Mantap tipnya mantap buat jaga kesehatan

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel