Skip to main content
Kang Sodikin

follow us

Cara Efektif Cegah Gigi dari Karies dengan Siwak

Cara efektif dan praktis mencegah gigi dari karies adalah dengan siwak. Karies gigi adalah suatu penyakit infeksi yang dapat merusak struktur gigi. Penyakit tersebut menyebabkan terjadinya gigi berlubang. Jika tidak ditangani dengan benar maka penyakit ini bisa menimbulkan rasa nyeri, gigi tangggal, infeksi akut, berbagai kasus yang berbahaya, dan bahkan juga kematian.

Seiring berjalannya waktu, ternyata angka peristiwa karies atau yang lebih dikenal dengan gigi berlubang menunjukkan angka semakin tinggi. Menurut dokter gigi Bambang Nursasongko SpKG(K) dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, jika dibandingkan dengan orang zaman dahulu, risiko terkena karies gigi pada masyarakat milenial sekarang justru menunjukkan angkan yang lebih meningkat.

Baca juga: Menghilangkan Kusam di Leher dengan 5 Bahan Alami

“Penyebab dari kasus karies atau gigi berlubang adalah pola makan modern,” jelas drg Bambang pada acara yang diselenggarakan Sasha Halal Toothpaste, beberapa waktu yang lalu. Kasus tersebut bisa teramati dari tingginya angka kasus karies atau gigi berlubang di daerah perkotaan daripada di wilayah pedesaan yang masih lebih mempertahankan kebiasaan makan sebagaimana zaman dahulu.

Berbagai jenis makanan olahan dan ditambah lagi dengan aneka minuman manis dan berkarbornasi, ikut menyumbang risiko terkena karies gigi. Alhasil, terlalu banyaknya makanan dengan kandungan karbohidrat yang difermentasi oleh bakteri. Hal ini tertu saja berbeda dengan masyarakat pedesaan yang masih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat. Makanan yang mengandung serta mampu membantu membersihkan gigi dari aneka kotoran sisa makanan.

Walau demikian, dokter gigi Bambang Nursasongko SpKG(K) dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia tidak menampik mulai naiknya angka karies gigi di pedesaan. Bahkan tren-nya semakin meningkat. Hal itu tidak terlepas terpengaruhnya masyarakat pedesaan dengan pola makan dan gaya hidup orang kota.

Baca juga: Cara Usir Bau Jengkol dan Petai di Mulut Dengan Bahan Ini

Salah satu cara yang ditempuh oleh masyarakat zaman dulu dalam membersihkan gigi adalah dengan menggosok gigi menggunakan kayu siwak.

Perlu diketahui bahwa siwak merupakan salah satu chewing stick yang sudah digunakan manusia semenjak 3.500 tahun lalu.

Terdapat 182 jenis tanaman yang sejak dulu sudah biasa dimanfaatkan sebagai chewing stick.
“Hanya jenis kayu siwak yang sampai saat ini masih dipertahankan untuk digunakan karena menjadi bagian tak terpisahkan dari ajaran agama Islam. Rasulullah menyuruh umatnya untuk selalu membersihkan gigi. Dan Rasul pun memberi contoh dengan menggunakan siwak untuk membersihkan giginya,” jelas Dr Siti Sadiah Msi Apt, yang merupakan dosen Divisi Fisiologi, Departemen Anatomi Fisiologi dan Farmakologi Fakultas Kedokteran Hewan IPB, dan sekaligus juga sebagai peneliti pada Pusat Studi Biofarmaka Tropika LPPM IPB.

7 Cara Menggunakan Siwak dengan Benar


berikut ini adalah 7 cara menggunakan kayu siwak yang benar:
  1. Kuliti ujung kayu siwak sepanjang 1-2 cm
  2. Gigit-gigit ujung kayu siwak yang sudah dikuliti untuk membuat serat seperti bulu sikat gigi
  3. Sebelum digunakan, rendamlah ujung siwak dalam agar lebih lunak.
  4. Pegang siwak dengan jempol berada di bawah sementara empat jari lainnya di bagian atas
  5. Gosokkan kayu siwak dengan gerakan keatas dan kebawah seperti gosok gigi biasa ke area yang terjangkau
  6. Potong serabut kayu siwak yang sudah jelek. Kemudian gigit-gigit lagi untuk membuat bulu-bulu sikat yang baru
  7. Simpan dengan baik kayu siwak yang selesai digunakan dan jangan lupa untuk menucinya terlebh dahulu.
Baca juga: Apa Itu Pola Hidup Sehat dan Bagaimana Caranya

Demikian Catatan Kang Sodikin tentang cara cegah gigi dari karies atau lubang gigi menggunakan Siwak, semoga bermanfaat

You Might Also Like:

Newest PostNewest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel