Skip to main content
Kang Sodikin

follow us

Sakdiyah Ma'ruf: Wanita Inspiratif dan Berpengaruh 2018

Tokoh Inspiratif Sakdiyah Ma'ruf: 100 wanita inspiratif dan berpengaruh dari seluruh dunia untuk 2018. Dlahirkan di Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia, pada 11 Februari 1982.

Sakdiyah Ma'ruf merupakan pelawak tunggal (komika) dari Indonesia. Hebatnya, ia merupakan pelawak tunggal (komika) wanita berhijab pertama di Indonesia. Dalam rutinitas komedi nya, ia dikenal lewat bahasannya tentang Islam dalam mengatasi ekstremisme Islam di Indonesia .

Tahun 2009, Sakdiyah Ma'ruf menyelesaikan gelar sarjana di jurusan Bahasa Inggris dari UGM, Yogyakarta. Tema skripsinya tak jauh dari dunianya, komika (pelawak tungga), yaitu tentang stand-up comedy. Selanjutnya, ia merampungkan pendidikan S2-nya dari universitas yang sama, UGM pada bulan November 2014.

Baca juga: Macron, Presiden Prancis Tokoh Inspiratif

Sejak 2009, atau sesaat setelah meraih gelar sarjana, Sakdiyah Ma'ruf bekerja penuh sebagai interpreter profesional atau penerjemah. Di saat ada waktu luang, ia tak lupa melakukan kegiatan berkomedi. Sempat nongol di kanal televisi swasta, lalu beberapa tempat di Jakarta, dan berperan serta dalam acara panggung bersama-sama dengan komedian yang lain.

Ia berprinsip bahwa menjadi seorang pelawak tunggal atau komika bukanlah tentang uang atau ketenaran. Tetapi tentang bagaimana memberikan pengalaman tak terlupakan kepada penonton. Dan membuka pintu bagi penonton untuk berpikir tentang isu-isu sosial, orang-orang yang memberi pengaruh secara personal, bahkan ketika sudah turun dari panggung.

Ada beberapa tokoh yang memberikan pengaruh kepada Sakdiyah Ma'ruf tentang kiprahnya di dunia lawak tunggal (komika, stand up comedy). Mereka adalah Margaret Cho, Sarah Silverman, Roseanne, Ellen, Kathy Griffin, Ricky Gervais, Tina Fey, Robin Williams, Jerry Seinfeld, Chris Rock, dan Stephen Colbert.

Sedangkan komika (pelawak tunggal) yang menjadi favorit baginya adalah Louis CK. Sebagai komika, dia dipuji karena mempunyai keceriaan Williams, kepahitan Louis dan dalam hal tidak pernah menggunakan kata-kata kasar atau sumpah serapah saat memberikan pesan, ia seperti Cosby.

Inspirasi dari Sakdiyah Ma'ruf: inspiring and influential women


Ada beberapa penghargaan yang mungkin bisa menginspirasi para pembaca situs tokoh inspirasi ini. Dan yang baru saja ia dapatkan di tahun 2018 adalah masuk dalam 100 perempuan yang menginspirasi dan berpengaruh di dunia versi BBC.

Baca juga: Nelson Mandela Tokoh Inspiratif

Berikut adalah rinciannya:

No Penghargaan Lembaga Tahun
1 Finalis Stand up Commedy Kompas TV 2011
2 Vaclav Havel International Prize for Creative Dissent 2015 Vaclav Havel International 2015
3 100 wanita inspiratif dan berpengaruh dari seluruh dunia untuk 2018 Radio BBC 2018

Demikian informasi tentang Sakdiyah Ma'ruf yang baru saja dinobatkan dan masuk 100 wanita inspiratif dan berpengaruh dari seluruh dunia untuk 2018 lalu.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel