Jangan simpan 7 makanan di freezer. Ada beberapa jenis makanan yang dilarang disimpan freezer.  Adanya kulkas atau lemari pendingin di rumah memang sangat membantu kita. Kulkas dapat digunakan untuk menyimpan dan mempersiapkan makanan dan juga bahan-bahan untuk membuat makanan. Bisa dikatakan bahwa hampir semua keluarga di Indonesia yang sudah teraliri listrik mempunyai kulkas atau lemari pendingin. Apalagi sifat dinginnya bisa digunakan untuk mengawetkan berbagai macam makanan dan bahan pembuat makanan.

jangan-simpan-7-makanan-ini-di-freezer

Maka Kemudian, dengan alasan untuk mengawetkan makanan dan bahan pembuat makanan maka apa saja dimasukkan ke dalam kulkas. Semuanya dimasukkan sehingga terkadang dalaman lemari pendingin menjadi penuh sesak berisi sayuran, bahan pembuat makanan, makanan, minuman dan masih banyak lagi.

Walaupun kehadirannya memang untuk membantu dan sekaligus memudahkan pemiliknya untuk menyimpan berbagai bahan makanan. Tetapi ada hal yang harus diketahui loh sahabat! Ternyata tidak semua jenis makanan dan bahan makanan dapat dimasukkan dan disimpan di dalam freezer yang ada di lemari pendingin.

Penasaran sahabat, bahan makanan, makanan, sayuran dan hal lainnya yang tidak boleh disimpan di dalam freezer? Tenang, semua ada jawabannya kok.

Di bawah ini adalah informasi ringkas tentang tujuh makanan dan bahan makanan yang dilarang untuk disimpan di dalam freezer. Ketujuh nya meliputi buah, daging, makanan, minuman, dan sayuran. Tujuan dari larangan tersebut adalah agar kesegaran, rasa, serta teksturnya tidak menjadi rusak. Demikian dikutip dari laman Dailymail.

7 Makanan sebaiknya tidak disimpan di Freezer


Yuk simak apa saja ketujuh hal yang dilarang untuk disimpan di dalam freezer. Berikut informasinya dari Resep Top di sodikin.com

1. Alpukat
Seperti yang telah disebutkan dalam laman Delish, bahwa buah alpukat merupakan salah satu buah yang dilarang untuk disimpan atau di taruh dalam jangka lama di dalam freezer. Mengapa demikian, karena bila disimpan dalam lemari beku, alpukat bisa kehilangan teksturnya yang halus ketika dicairkan lagi. Dan juga akan menggangggu rasa alpukat yang khas dan lembut.

Baca juga: Resep Gulai Ikan Patin dan Tempe Kecap untuk Makan Siang yang Super Nikmat

2. Daging beku yang sudah dicairkan
Perlu diketahui bahwa makanan seperti aneka macam daging, makanan laut, dan juga daging ayam yang sebelumnya telah dibekukan dan kemudian dicairkan maka harus segera dihabiskan untuk dikonsumsi.

Secara umum, aneka makanan jenis ini disebutkan tidak boleh dibekukan lagi ketika tidak habis dikonsumsi dan didimpan dalam lemari beku untuk dimanfaatkan di waktu yang lain. Sebabnya adalah ketika daging beku ini telah dicairkan maka berarti telah pula mencairkan bakteri tumbuh. Dan jika dibekukan lagi maka yang terjadi adalah kita justru berusaha mengunci bakteri berbahaya di dalamnya.

Namun terdapat pengecualian jika daging beku yang sudah dicairkan dalam lemari beku atau freezer yang bekerja pada suhu 5 derajat Celcius atau di bawah nya maka masih memungkinkan untuk dibekukan kembali.

3. Pasta yang telah dimasak
Pasta termasuk 7 macam makanan yang dilarang disimpan dalam freezer. Jika ada sisa menu pasta di rumah tentu sangat tergoda untuk segera menyimpan dan dimasukkan ke lemari es untuk dibekukan supaya dapat dinikmati lagi di kemudian waktu.

Tetapi perlu diketahui bahwa begitu sahabat mencairkannya maka pasta ini sangat mungkin akan berubah menjadi pasta yang sudah menyerap terlalu banyak air. Bila demikian maka bisa dopastikan akan menjadi hambar. Untuk mengatasi hal ini, ada satu cara yang bisa digunakan. Daripada sahabat mencairkan pasta sebelum dikonsumsi lagi, cukup masukkan pasta ke dalam panci yang berisi air asin mendidih untuk beberapa saat saja supa pasta kembali segar. Jika sudah, kemudian tiriskan kembali.

4. Soft cheeses
Soft cheeses sangat berbeda dengan tipe keju keras. Bila tipe keju keras seperti halnya parmesan, cheddar, Swiss dan gouda bisa dibekukan dengan sangat baik. Kalau soft cheese seperti camembert, brie, ricotta dan keju kambing sifatnya berkebalikan. Keju jenis lembut seperti ini akan menjadi terpisah bila ada dimasukkan ke dalam lemari es untuk dibekukan. Sudah pasti teksturnya akan berubah drastis saat dicairkan.

Baca juga: 3 Cara Gampang Buat Es Krim Sendiri Di Rumah

5. Susu
Menyimpan susu di dalam freezer dalam jumlah yang banyak di rumah sekilas terlihat seperti sebuah solusi yang tepat sudah umum dilakukan.

Perlu sahabat ketahui, menyimpan susu dalam jumlah banyak dengan cara ini malah bisa menyebabkan susu beku dan disaat dicairkan maka akan berubah konsistensinya. Juga akan berubah menjadi kental dan menjadi tidak ideal untuk dikonsumsi sebagai minuman atau sereal.

Tapi sahabat tidak harus membuangnya. Walau teksturnya telah berubah, susu beku yang sudah dicairkan tetap bisa dimanfaatkan untuk kepentingan memasak jenis masakan tertentu dan tidak ada masalah.

6. Makanan yang sudah digoreng
Jika sahabat hendak mencoba akan membekukan aneka jenis makanan yang sudah digoreng dengan cara disempan dalam lemari es maka tidak ada gunanya. Hal itu karena kerenyahan yang terdapat pada makanan gorengan ketika panas hanya akan membuatnya menjadi kacau, menjadi basah begitu beku dan terus dicairkan.

Baca juga: Cara Efektif Cegah Gigi dari Karies dengan Siwak

7. Timun
Timun termasuk yang sebaiknya tidak disimpan dalam lemari pendingin. Timun berbeda dengan sayuran kebanyakan yang tidak mengalami masalah ketika dibekukan. Bawang, labu, tomat, dan jagung dn sebagainya tidak terjadi apa-apa saat dibekukan. Semuany berbeda dengan mentimun.

Perlu diketahui sahabat, timun atau mentimun merupakan sayuran yang mempunyai kandungan air sangat tinggi.

Sama seperti timun, sayuran jenis lain seperti selada, seledri, kubis dan zucchini perlu juga dihindarkan dari disimpan di dalam freezer.

Demikan artikel seputar anjuran untuk tidak menyimpan 7 makanan di freezer dari Resep Top di sodikin.com. Semoga bermanfaat.

7Komentar

  1. Baru tahu, ternyata ada beberapa makanan yang enggak boleh dimasukin ke freezer. Biasanya, orang juga kerap nyimpen timun di freezer. Tahunya enggak boleh ya Kang. Hatur nuhun, artikelnya bermanfaat.

    www.mangobox.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ternyata ada yang nggak boleh disimpan difreezer, mase. terima kasih sudah berkenan membaca.

      Hapus
  2. Mantap infonya, makasih sudah berbagi.. bagi yang suka kuliner baca jugaCara Membuat Oseng Daging Kambing yang enak , mudah dan simpel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya suka kuliner, alias makan di warung. dan menu kesukaan saya sambal lalap petai.
      terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  3. Baru tau ternyata, thanks infonya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih. semoga memberi manfaat

      Hapus
  4. Mantap ulasannya...

    Jangan lupa kunjungi situs akuntansi dan bisnis di :

    https://akupecintaakuntansi.blogspot.com/

    BalasHapus

Posting Komentar

Sebelumnya Selanjutnya