Sodikin.com - Cara Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi dengan Mudah. Kesehatan merupakan salah satu bagian penting dan harus dimiliki oleh setiap tubuh manusia, jika tubuh manusia tidak sehat maka akan terjadi banyak penyakit. Oleh karena itu kesehatan adalah nomor satu di bagian tubuh manusia. Banyak yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia, mulai dari menjaga konsumsi makanan sehari-hari, perbanyak olahraga, dan beristirahat secukupnya. Namun bukan hanya itu saja, kita juga harus menjaga kesehatan tubuh yang lainnya seperti kulit, wajah, rambut, dan alat reproduksi. Namun salah satu hal yang sering di abaikan yaitu kesehatan alat reproduksi. Ya, sebagian orang pasti pernah atau bahkan mengabaikan kesehatan alat reproduksi, mungkin karena tidak tau caranya atau bisa jadi tidak tau akan pentingnya menjaga kesehatan alat reproduksi tersebut.

cara-menjaga-kesehatan-alat-reproduksi

Namun sebelum kita membahas kesehatan alat reproduksi manusia, apa sih sebenarnya alat reproduksi itu? Dan mengapa kita harus menjaga kesehatannya?. Alat reproduksi merupakan alat yang dimiliki oleh pria dan wanita untuk melakukan proses reproduksi manusia tersebut, dan alat produksi inilah yang nantinya digunakan untuk menghasilkan generasi-generasi penerus mereka. Lalu, mengapa kita harus menjaga kesehatan alat reproduksi? Ya, menjaga kesehatan reproduksi itu sangatlah penting, selain supaya terhindar dari penyakit, nantinya supaya agar lebih percaya diri saat berhubungan badan dengan pasangan masing-masing. Maka dari itu, menjaga kesehatan tubuh bagian alat reproduksi ini sangatlah penting dan jangan sampai kalian meremehkannya. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan alat reproduksi? Menjaga kesehatan alat reproduksi dapat dilakukan dengan cara berikut.

Baca juga: Jangan Simpan 7 Makanan ini di Freezer

Berikut cara-cara menjaga kesehatan alat reproduksi manusia:


  1. Bersihkan daerah alat reproduksi setelah buang air kecil atau buang air besar dengan handuk, hal ini dilakukan supaya bagian alat reproduksi tetap kering dan tidak menyebabkan jamur.
  2. Menggunakan celana dalam dengan bahan yang mudah menyerap keringat, hal ini dilakukan supaya keringat yang dihasilkan di daerah alat reproduksi terserap supaya tetap kering.
  3. Mengganti pakaian dalam minimal dua kali sehari, hal ini dilakukan supaya daerah alat reproduksi tetap bersih dan terhindar dari iritasi kulit di daerah alat reproduksi.
  4. Bagi perempuan sebaiknya sesudah buang air kecil, membersihkan alat kelaminnya dari arah depan menuju belakang supaya kuman yang terdapat di anus tidak masuk ke alat kelamin wanita tersebut.
  5. Bagi laki-laki dianjurkan untuk di khitan atau di sunat supaya mencegah terjadinya penularan penyakit saat berhubungan badan serta menurunkan resiko terjadinya kanker pen*s.
  6. Rajin mencuci tangan secara bersih dan steril, hal ini dilakukan supaya saat anda menyentuh organ alat reproduksi tidak menyebabkan kuman dari tangan menyebar ke daerah alat reproduksi.
  7. Bagi wanita saat sedang dalam masa datang bulan atau menstruasi rajin-rajinlah mengganti pembalut, hal ini dilakukan supaya organ alat reproduksi tetap bersih dan tidak lembap. Apabila organ alat reproduksi lembab nantinya akan menyebabkan jamur dan iritasi pada kulit.
  8. Bagi pria dan wanita jangan suka menggaruk organ alat reproduksi, hal menggaruk alat reproduksi sering dilakukan oleh pria dan wanita karena pada saat kuman dan jamur sedang berkembang biak menyebabkan gatal. Dan apabila di garuk maka akan memyebabkan jamur dan kuman menyebar ke daerah yang lebih luas lagi selain itu juga dapat menyebabkan iritasi pada kuliat bagian alat reproduksi.

Membersihkan alat reproduksi sebelum dan sesudah berhubungan badan dengan pasangan, hal ini dilakukan supaya alat reproduksi tetap bersih dan sehat. Selain itu juga, supaya alat reproduksi tidak terkena penyakit - penyakit yang tidak diinginkan.

Baca juga: 3 Cara Gampang Buat Es Krim Sendiri Di Rumah

Saat berhubungan badan, hindarilah menggunakan s*x toys. Hal ini dilakukan karena banyak s*x toys yang beredar di toko tidak steril dan mengandung bahan yang tidak sehat untuk alat reproduksi. Apabila anda ingin menggunakan s*x toys saat berhubungan badan, usahakan s*x toys tersebut tetap steril dan bersih, sehingga tidak menyebabkan penyakit yang tidak diinginkan.

Nah jadi di atas merupakan cara - cara menjaga kesehatan alat reproduksi yang dapat dilakukan oleh pria dan wanita. Setelah anda mengetahui cara - cara menjaga kesehatan alat reproduksi, anda juga harus mengenal penyakit - penyakit yang ada pada alat reproduksi supaya anda semua dapat mengetahui penyakit - penyakitnya dan dapat mencegah penyakit tersebut.

Penyakit - penyakit yang terdapat pada organ alat reproduksi


Inilah penyakit - penyakit yang terdapat pada organ alat reproduksi :
  1. Kanker va*ina
  2. Kanker pe*is
  3. Gangguan menstruasi
  4. Kanker serviks
  5. Hiv AIDS
  6. Herpes gentalis atau penyakit gatal yang terjadi di area alat reproduksi
  7. Kanker rahim
  8. Keputihan
  9. Ejakulasi dini

Jadi itulah cara menjaga kesehatan alat reproduksi dan penyakit - penyakit tentang alat reproduksi pada manusia, dengan adanya artikel ini diharapkan supaya semua dapat mengetahui cara menjaga kesehatan alat reproduksi manusa dan terhindar dari penyakit yang ada pada alat reproduksi manusia.

2Komentar

Posting Komentar

Sebelumnya Selanjutnya