Skip to main content
Kang Sodikin

follow us

30+ Tools Pengembang Aplikasi Android Seperti Pro

Pada artikel ini, saya akan membagikan beberapa tool terbaik untuk meningkatkan produktivitas pengembangan Anda dan membangun aplikasi Android yang lebih baik . Saya secara pribadi telah menggunakan alat-alat ini untuk beberapa waktu sekarang dan telah menemukan mereka benar-benar bermanfaat dan memuaskan.

Alat-alat atau tools ini telah membantu saya menghemat banyak waktu berharga dari kehidupan pengembangan saya sehari-hari dan juga membantu saya memberikan aplikasi yang jauh lebih baik dan lebih berkualitas.

Jadi tanpa membuang waktu, mari masuk dan temukan banyak alat baru dan luar biasa untuk mengembangkan aplikasi Android seperti pro.

Instabug

Saya telah menggunakan alat ini untuk beberapa waktu sekarang dan saya harus mengakui bahwa itu telah secara signifikan mengubah cara pengguna saya memberikan umpan balik aplikasi kepada saya. Mereka sekarang dapat berbagi tangkapan layar, rekaman video dan audio, log terperinci dan banyak lagi untuk membantu saya mengidentifikasi dan memperbaiki bug dengan mudah.

Baca juga: Menghilangkan Kusam di Leher dengan 5 Bahan Alami

FlowUp

Alat luar biasa untuk Android yang dapat membantu Anda melacak kinerja keseluruhan aplikasi Anda dan mendapatkan wawasan mendalam tentang berbagai metrik kinerja utama seperti FPS, penggunaan memori, penggunaan CPU, penggunaan disk, dan banyak lagi dari aplikasi produksi langsung Anda.

Stetho

Platform debugging open-source yang tangguh untuk Android, dikembangkan oleh Facebook. Alat ini menjadikan debugging aplikasi Android asli semudah men-debug halaman web menggunakan Alat Pengembang Chrome dan membantu melakukan berbagai tindakan seperti memeriksa hierarki tampilan lengkap, memeriksa basis data SQLite, memantau operasi jaringan, dll. Dengan mudah.

JRebel untuk Android

Kita semua menjadi frustrasi menatap layar seperti orang bodoh dan menunggu Gradle selesai untuk selamanya. Tetapi alat yang luar biasa dari JRebel ini menyelamatkan dengan secara drastis meningkatkan waktu pembuatan dan membuat pengembangan aplikasi Android dan debug hampir secara realtime.

Gradle Please

30+ Tools Pengembang Aplikasi Android Seperti Pro hasilnya ada yang bernama Gradle Please. Jika Anda menggunakan Gradle sebagai sistem build di Android Studio, maka Anda dapat menambahkan pustaka eksternal di proyek Anda hanya dengan satu baris kode. Tetapi bagaimana Anda mendapatkan garis itu dengan cepat dan mudah? Di sinilah alat kecil yang manis ini berguna.

Android Asset Studio

30+ Tools Pengembang Aplikasi Android Seperti Pro selanjutnya adalah Android Asset Studio. Kumpulan mengagumkan dari alat-alat sederhana dan mudah digunakan untuk menghasilkan berbagai jenis ikon (peluncur, pemberitahuan, generik, ikon pintasan aplikasi) yang Anda perlukan saat merancang dan mengembangkan aplikasi Android.

LeakCanary

LeakCanary adalah alat pendeteksi kebocoran memori yang kuat yang dikembangkan oleh Square, membuat pekerjaan mendeteksi kebocoran memori yang sulit dan memakan waktu jauh lebih mudah. Setelah pengaturan, secara otomatis akan mulai memberi Anda pemberitahuan setiap kali kebocoran memori terjadi di aplikasi Anda dengan jejak tumpukan lengkap untuk membantu Anda memperbaikinya.

DryRun

Alat yang sangat berguna dan inovatif yang memungkinkan Anda menguji-coba perpustakaan Android mana pun yang dihosting online hanya dalam beberapa detik. Alat ini membuatnya sangat mudah bagi Anda untuk mencoba berbagai perpustakaan yang kami temukan setiap hari tanpa kesulitan.

Penyorot Kode Slide

Sebagai pengembang, kami harus sering memberikan presentasi, pembicaraan teknologi, atau hanya menunjukkan potongan kode mewah kepada pengembang lain. Dan di sinilah alat bagus oleh Roman Nurik ini berguna yang mengubah potongan kode membosankan Anda menjadi potongan kode yang disorot dengan indah dan rapi.

Takt

Perpustakaan kecil yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa FPS dari setiap sudut aplikasi Anda saat men-debug-nya. Itu selalu lebih baik untuk menangkap bug dan kelambatan yang signifikan dalam fase pengembangan dan tidak membiarkan pengguna Anda memiliki kesempatan pengalaman buruk saat menggunakan aplikasi produksi.

Database Debug Android

Alat luar biasa yang sepenuhnya mengubah cara Anda men-debug basis data dan preferensi bersama di aplikasi Android Anda. Anda sekarang dapat melihat semua data, mengeditnya, menghapusnya dan menjalankan query SQL dalam antarmuka pengguna yang bersih dan indah.

Source Tree

Alat yang bersih, sederhana dan indah untuk menjadikan Git hebat lagi. Anda dapat memvisualisasikan semua perubahan, komit, cabang dengan cara yang indah dan tidak perlu lagi menulis satu perintah pun di baris perintah. Ini juga bisa sangat berguna bagi semua pemula di luar sana yang cenderung bingung dengan luasnya Git.

GenyMotion

Kembali pada hari-hari ketika emulator Android lebih lambat dari siput, GenyMotion adalah satu-satunya emulator pilihan untuk semua pengembang Android. Namun seiring berjalannya waktu, GenyMotion telah berkembang cukup banyak dari hanya menjadi emulator menjadi platform lengkap untuk pengembangan, pengujian, dan penyebaran aplikasi lanjutan.

Vysor

Jika Anda adalah seseorang yang tidak suka mengembangkan aplikasi pada emulator tetapi menginginkan kemudahannya, Anda harus memeriksa Vysor yang memungkinkan Anda untuk mencerminkan perangkat Anda yang sebenarnya ke komputer Anda. Selain itu, Anda juga dapat menampilkan demo aplikasi langsung di layar TV besar dan proyektor dengan mudah menggunakan alat ini.

Android Wifi ADB

Dengan alat mungil namun luar biasa ini, Anda sekarang dapat menjalankan aplikasi Android dari Android Studio di perangkat Anda menggunakan Wifi. Anda tidak perlu menjaga perangkat Anda terpasang ke komputer Anda melalui kabel dan dapat menikmati pengalaman mengembangkan dan menguji aplikasi secara nirkabel.

FindBugs

Plugin kecil ini dapat terbukti sangat berguna untuk mendeteksi bug Java umum tepat pada saat pengembangan. Saat membangun aplikasi besar, kita cenderung tanpa sadar memperkenalkan beberapa bug kecil di sana-sini yang kemudian terjebak dalam produksi yang menyebabkan kekacauan.

Drawable Optimizer

Beberapa aset gambar digunakan dalam aplikasi Android yang cenderung berkontribusi banyak terhadap ukuran APK. Tetapi plugin gradual yang bagus ini dapat mengoptimalkan gambar-gambar ini dan mengurangi ukuran APK yang dihasilkan secara signifikan untuk Anda.

Scalpel

Alat inovatif oleh Jake Wharton ini dapat membuat Anda mengalami representasi visual 3D dari seluruh tata letak aplikasi Anda. Pemula dapat menemukannya benar-benar menarik karena dapat memberi mereka perspektif yang sama sekali baru dalam melihat tata letak Anda.

BlockCanary

Pustaka pemantauan kinerja kuat lainnya yang dapat membantu Anda mendeteksi kapan utai UI aplikasi Anda diblokir cukup lama dan membuat aplikasi Anda ketinggalan. Sangat mudah untuk mengatur dan bekerja sangat mirip dengan cara LeakCanary bekerja.

NimbleDroid

Alat luar biasa lainnya untuk menguji kebocoran memori dan masalah kritis aplikasi Anda sebelum menerbitkannya di Play Store. Ini bekerja dengan sangat baik dan secara otomatis menguji berbagai aliran pengguna aplikasi Anda dan menemukan potensi gangguan dan masalah kritis yang perlu segera diperhatikan.

Methods Count

Siapa yang tidak suka menambahkan perpustakaan yang luar biasa ke proyek mereka dan meningkatkan fungsinya? Tetapi Anda harus selalu memikirkan masalah batasan metode 65K yang ditakuti. Alat luar biasa ini dapat berguna karena dapat memberi Anda gagasan yang jelas tentang jumlah metode yang ditambahkan oleh setiap perpustakaan ke aplikasi Anda.

Android Tool for Mac

Jika Anda adalah pengembang Android dan menggunakan Mac, maka alat mungil ini dapat membantu Anda dalam mendapatkan laporan bug, tangkapan layar, rekaman video dari aplikasi yang sedang Anda debug hanya dengan satu klik tombol dari komputer Anda.

DevKnox

Ada beberapa kelemahan keamanan yang tersembunyi di dalam aplikasi kami yang sebagian besar tidak kami sadari dan perlu banyak pengalaman dan upaya untuk memahami berbagai aspek penting keamanan dan membuat aplikasi anti peluru. Tetapi alat yang luar biasa ini dapat membantu Anda mendeteksi kelemahan keamanan semudah menggunakan pemeriksa ejaan di IDE Anda.

JSONSchema2POJO

Kita semua menghadapi ini beberapa kali ketika kita memiliki JSON dan kita ingin membuat POJO yang setara darinya. Ini cukup membosankan dan memakan waktu, tetapi di sinilah alat bagus ini bisa berguna. Yang perlu Anda lakukan adalah menempelkan JSON Anda dan itu akan menghasilkan semua kelas POJO secara otomatis untuk Anda.

IDEA ADB

Plugin yang luar biasa ini untuk Android Studio dapat menyelesaikan banyak hal dan membantu Anda mempercepat pengembangan Android Anda sehari-hari. Anda dapat dengan mudah, memulai, memulai kembali, membunuh, menghapus data, menghapus aplikasi Anda langsung dari IDE menghemat banyak waktu.

Key Promoter

Kita semua tahu betapa pintas keyboard yang membantu dan cepat, tetapi ada begitu banyak pintasan untuk berbagai tindakan yang membuatnya sangat sulit untuk mengingat semuanya. Di sinilah plugin yang luar biasa ini berperan mengubah seluruh permainan pintasan menjadi lebih mudah dan menyenangkan lagi.

Fabric

Anda mungkin sudah tahu seberapa kuat dan kerennya Fabric. Ini menawarkan serangkaian alat untuk membantu Anda membangun, menyebarkan, dan mengembangkan aplikasi Anda lebih cepat dengan upaya minimal. Cobalah jika Anda belum melakukannya.

ClassyShark

Dengan ClassyShark, Anda dapat memeriksa APK Android apa saja untuk menemukan banyak informasi berharga darinya, seperti kelas, sumber daya, manifes, dependensi, jumlah dex, dan banyak lagi. Ini dapat memberi Anda gambaran tentang apa yang dilakukan aplikasi lain dan mungkin bagaimana mereka melakukannya.

APK DeGuard

Ini adalah salah satu yang terbaik dan mungkin de-obfuscator paling akurat untuk aplikasi Android. Ini menggunakan pembelajaran mesin untuk menganalisis berbagai aplikasi dan memastikannya memberikan hasil terbaik setiap kali. Ini sangat membantu saya dalam memeriksa beberapa aplikasi dan memahami bagaimana mereka mengimplementasikan fitur-fitur tertentu.

Baca juga: Nelson Mandela Tokoh Inspiratif

Codota

Cukup sering kita terjebak ketika mengembangkan sesuatu yang baru dan perlu memeriksa beberapa contoh kode cepat dari StackOverflow atau Github. Tetapi alat yang luar biasa ini dapat membuat Anda melakukan hal itu tanpa meninggalkan IDE Anda.

Material Design Icon Generator

Plugin ini untuk Android Studio memungkinkan Anda mendapatkan akses ke semua Material Desain Ikon dan menyesuaikannya langsung dari IDE Anda sendiri, menghemat banyak waktu saat mengembangkan aplikasi.

Saya yakin Anda telah menemukan banyak alat baru dan menarik dari daftar ini dan akan segera mulai menggunakan beberapa dari mereka untuk meningkatkan produktivitas pengembangan Anda.

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan pertimbangkan untuk merekomendasikan dan membaginya dengan teman-teman Anda dan membantu berbagi pengetahuan dengan komunitas.

Demikian 30+ Tools Pengembang Aplikasi Android Seperti Pro.

Artikel ini awalnya diterbitkan di TechBeacon

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel