Sumpah Indonesia

Sumpah Indonesia bukanlah Sumpah Pemuda 1928 dan juga bukan Sumpah Palapa-nya Maha Patih Gajahmada dalam sejarah Majapahit. Sumpah Indonesia hanyalah sebuah judul posting saya dalam blog sodikin.com ini.
Kang Sodikin
Sumpah Indonesia - Sumpah Indonesia bukanlah Sumpah Pemuda 1928 dan juga bukan Sumpah Palapa-nya Maha Patih Gajahmada dalam sejarah Majapahit. Sumpah Indonesia hanyalah sebuah judul posting saya dalam blog sodikin.com ini.

Sumpah-Indonesia-sumpah-pemuda-28-oktober

Namun demikian, meskipun hanya judul sebuah posting, Sumpah Indonesia saya tulis dengan dilatarbelakangi persoalan dan masalah serius yang dihadapi Bangsa dan Negara Indonesia. Disadari atau tidak, untuk sekarang ini Indonesia tengah menghadapi berbagai persoalan dan masalah kebangsaan yang serius. Jika masalah-masalah tersebut dibiarkan berkembang dan membesar maka tidak menutup kemungkinan akan mengancam eksistensi dan integritas Indonesia sebagai bangsa.

Masalah-masalah besar kebangsaan itulah yang melatarbelakangi saya menulis Sumpah Indonesia. Masalah-masalah kebangsaan yang saat ini sedang dihadapi bangsa Indonesia adalah antara lain :
  1. Menurunnya semangat nasionalisme
  2. Minimnya sense of cricis di kalangan pejabat
  3. Memudarnya jati diri bangsa
  4. Tingginya angka korupsi
  5. Narkoba yang meraja lela
  6. Hukum yang tetap saja membela yang kuat
  7. Kesejahteraan dan keadilan yang masih jauh dari masyarakat
  8. Hilangnya karakter bangsa yang ramah, murah senyum, guyup dan rukun.
Di sisi lain dari berbagai masalah kebangsaan yang mengilhami saya menulis Sumpah Indonesia, dunia pendidikan juga mempunyai masalahnya sendiri. Masalah yang dihadapi dunia pendidikan Indonesia juga tidak kalah rumit. Terlepas dari banyaknya pelajar dan mahasiswa Indonesia yang memenangi ajang kejuaraan dan olimpiade international, pendidikan Indonesia berhadapan dengan masalah yang sangat komplek. Di antara masalah tersebut adalah :
  1. Ukuran keberhasilan pendidikan yang kini hanya "diukur" dengan tingginya nilai UN, sehingga sekolah dan madrasah berlomba-lomba meraih nilai UN yang tinggi
  2. Ditinggalkannya nilai-nilai luhur dan budaya bangsa, akhlak dan etika dalam proses pendidikan. Hal ini terbukti guru "hanya" melakukan transformation of knowledge dan melupakan transformation of values, transformation of ethics.
  3. Semakin banyaknya pelajar dan mahasiswa yang tidak menggunakan akal ilmiyah, akal budi dan hati nurani untuk menyelesaikan persoalan
Oleh karena itu, melalui posting Sumpah Indonesia ini saya mengajak kepada semua kalangan untuk melakukan Sumpah Indonesia.

Sumpah Indonesia


Bunyi Sumpah Indonesia adalah sebagai berikut:
  1. Kami pejabat dan rakyat Indonesia bersumpah akan tetap mempertahankan negara kesatuan Republik Indonesia
  2. Kami pejabat dan rakyat Indonesia bersumpah menjunjung tinggi hukum dan HAM
  3. Kami pejabat dan rakyat Indonesia bersumpah mempertahankan jati diri bangsa sebagai bangsa yang ramah, murah senyum, rukun, dan gemar tolong menolong
  4. Kami pejabat dan rakyat Indonesia bersumpah untuk menghindari dan menjauhi korupsi dalam segala aspek kehidupan
  5. Kami pejabat dan rakyat Indonesia bersumpah menciptalan keadilan dan kemakmuran bersama
  6. Kami pejabat dan rakyat Indonesia bersumpah untuk membangun generasi muda yang kuat dan maju serta terhindar dari narkoba

Sumpah Pelajar dan Mahasiswa Indonesia


Bunyi Sumpah Pelajar dan Mahasiswa Indonesia adalah sebagai berikut:
  1. Kami Pelajar dan Mahasiswa Indonesia bersumpah akan belajar dengan sungguh-sungguh, memperbanyak ilmu dan menempa diri sehingga kelak berguna bagi bangsa dan negara Indonesia
  2. Kami Pelajar dan Mahasiswa Indonesia bersumpah lebih mengutamakan akal ilmiyah, akal budi dan hati nurani
  3. Kami Pelajar dan Mahasiswa Indonesia bersumpah memperkaya diri dengan etika dan moral serta nilai dan budaya luhur bangsa Indonesia
  4. Kami Pelajar dan Mahasiswa Indonesia bersumpah dan bertekad memajukan bangsa dan negara Indonesia sehingga berwibawa di percaturan dunia
  5. Kami Pelajar dan Mahasiswa Indonesia bersumpah dan bertekad menjadi pemimpin Indonesia yang jujur, bersih, adil, serta bertanggung jawab kelak di kemudian hari.
Baca juga: Terima Kasih : Kata Kunci Kemesraan Suami-Istri

Demikianlah artikel tentang Sumpah Indonesia, saya berharap artikel Sumpah Indonesia ini bermanfaat bagi rekan-rekan pembaca setia.

Jika Anda hendak menambahkan isi dari Sumpah Indonesia ini sangat dipersilahkan dengan menuliskannya di form komentar sehingga lebih kaya dan dalam isi artikel Sumpah Indonesia ini.

Kang Sodikin
Seorang blogger pemula dan penggemar fotografi makro. Belakangan, meski terbilang terlambat, sejak tahun 2017 mulai menekuni dunia blogging. Kang Sodikin suka berbagi informasi tentang banyak hal. Pengalaman pribadi dan dari hasil baca-baca dishare melalui blog sodikin.com ini. Mempunyai motto hidup "sekecil apapun, hidup harus memberi manfaat kepada orang lain"